Ma'ruf Amin Restui Mahfud MD Maju Pilpres Dampingi Ganjar

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin usai berkunjung ke Posyandu di Kecamatan Batang Kuis, Deli Serdang, Sumatra Utara, Rabu (18/10/2023). (foto:gemapos/ant)
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin usai berkunjung ke Posyandu di Kecamatan Batang Kuis, Deli Serdang, Sumatra Utara, Rabu (18/10/2023). (foto:gemapos/ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyampaikan selamat sekaligus merestui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Mahfud MD menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang mendampingi Ganjar Pranowo.

Wapres Ma'ruf mengatakan ucapan selamat itu disampaikan saat Mahfud MD menemuinya di rumah dinas pada Rabu pagi, sebelum PDIP mengumumkan bacawapres pendamping Ganjar Pranowo.

"Ya dia pamit sama saya dan memberi tahu dia mau dijadikan sebagai calon wakil presiden. Mungkin saya sebagai orang NU yang sudah sepuh pamit lah sama saya. Ya saya bilang, saya sampaikan selamat," kata Wapres usai kunjungan di Kecamatan Batang Kuis, Deli Serdang, Sumatra Utara, Rabu (18/10/2023).

Ma'ruf menjelaskan bahwa pertemuannya dengan Mahfud bermaksud hendak berpamitan sebelum dirinya diumumkan menjadi calon wakil presiden.

Wapres berharap Mahfud MD yang juga nahdliyin itu bisa menjalankan tugasnya jika nanti terpilih sebagai wakil presiden periode 2024-2029.

"Mudah-mudahan bisa kalau nanti terpilih bisa menjalankan tugasnya, melanjutkan hal-hal yang baik yang sekarang sudah kita lakukan dan kemudian memperbaiki kalau ada yang belum baik, melakukan perbaikan-perbaikan ke depan," kata Ma'ruf.

Wapres pun merestui Mahfud MD untuk menjadi calon wakil presiden. Ia juga menilai Mahfud yang berpasangan dengan Ganjar Pranowo sama-sama memiliki pengalaman sebagai pemimpin.

"Saya melihat Pak Ganjar juga baik, dia pernah jadi anggota DPR, pernah jadi gubernur dua periode, artinya punya pengalaman. Jadi layaklah dia jadi calon presiden. Basisnya ada," kata Ma'ruf.

Dalam kesempatan terpisah, Mahfud menyebut dia telah bertemu dengan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin di Jakarta pada Rabu pagi.

“Saya ketemu tadi jam setengah tujuh. Kenapa? Saya mestinya ke Presiden dulu kan, begitu diberi tahu kemarin mestinya saya ke Presiden, karena Presiden ke luar negeri ya saya ke Wapres dulu,” kata Mahfud MD.

Seperti diketahui, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Jakarta, Rabu, mengumumkan Mahfud MD sebagai bakal cawapres yang mendampingi Ganjar untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pasangan Ganjar-Mahfud didukung oleh PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo.

Keduanya dijadwalkan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari pertama masa pendaftaran dibuka yaitu pada Kamis (19/10). (dm)