Jokowi Hingga Mahfud MD Hadiri Rakernas IV PDIP

Presiden Jokowi bersama Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati hadir di acara Rakernas Ke-IV PDIP, di Jakarta, Jumat (29/9/2023). (gemapos/ant)
Presiden Jokowi bersama Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati hadir di acara Rakernas Ke-IV PDIP, di Jakarta, Jumat (29/9/2023). (gemapos/ant)


Gemapos.ID (Jakarta) -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Rapat Kerja Nasional IV PDI Perjuangan (PDIP) di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Jokowi tiba sekitar pukul 14.36 WIB dengan mengenakan kemeja dan jaket bomber berwarna merah. Jokowi datang bersama Wakil Presiden K. H. Ma'ruf Amin dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Ia tampak didampingi oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo, dan bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo.

Para elite partai politik pengusung Ganjar dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pun tampak hadir, seperti Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang, Sekretaris Jenderal Hanura Kodrat Shah, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesodibjo, Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu PPP sekaligus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Adapun menteri Kabinet Indonesia Maju yang tampak hadir adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM Mahfud MD, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto.

Tidak hanya itu, Komisaris Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono hingga Kepala BULOG Budi Waseso turut menghadiri Rakernas IV PDIP.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa Megawati Soekarnoputri, Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi akan memberikan pengarahan dalam Rakernas IV PDIP.

"Sebagai tradisi Rapat Kerja Nasional, Ibu Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan pidato politik dan juga akan menyampaikan pidato secara tertutup di dalam menggembleng seluruh partai," ujar Hasto.

"Pak Ganjar Pranowo sebagai capres dari PDIP yang juga sangat memahami akan menjadi pengurus diklat. Itu ikut di dalam sosialisasi dan perumusan konsepsi tentabg pentingnya membangun pangan dengan cara-cara berdikari. Bapak Presiden Jokowi juga akan menyampaikan sambutannya," ujar dia.

Adapun tema Rakernas IV PDIP adalah 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia' dengan sub tema 'Pangam sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia'.

Rakernas IV ini bakal digelar selama tiga hari mulai dari Jumat (29/9) hingga Senin (1/10). (