SBY dan Jokowi Bukan Penghalang PDIP Gabung ke Pemerintah

Politikus PDI Perjuangan Chico Hakim. (gemapos/gesuri.id)
Politikus PDI Perjuangan Chico Hakim. (gemapos/gesuri.id)

Gemapos.ID (Jakarta) - PDI Perjuangan sampai saat ini belum memutuskan bergabung dengan pemerintahan selanjutnya. 

Belum adanya keputusan itu menurut politikus PDI Perjuangan Chico Hakim, bukan karena hubungan Ketum Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kami tidak melihat dari sisi itu (hubungan personal Megawati dengan SBY dan Jokowi) sama sekali," kata Chico seperti dilansir gesuri.id, Rabu (17/4/2024).

Pertimbangan utama PDI Perjuangan belum memutuskan menjadi oposisi atau bergabung dengan koalisi pemerintahan menurutnya karena sidang sengketa Pilpres 2024 di MK yang baru akan diputus pada 22 April.

"PDI Perjuangan saat ini masih menggu hasil keputusan (sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Pilpres 2024, red) Mahkamah Konstitusi," ungkap dia.

Pertimbangan lain yang dilihat, yaitu visi dan misi yang dijalankan pemerintahan selanjutnya. Apakah visi misi yang dijalankan mampu membangun bangsa lebih baik dalam pemerintahan ke depan. Bukan karena persoalan hubungan personal.

"Terkait hubungan dengan person ke person lainnya saya rasa itu tidak jadi pertimbangan utama," sebut dia.

Juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD itu menilai berada di luar pemerintahan bukan suatu hal buruk. Jadi oposisi dianggap sebagai upaya membangun bangsa.

"Ke depan apabila bukan Pak Ganjar dan Pak Mahfud yang jadi presiden dan wakil presiden, sampai hari ini PDI Perjuangan masih berpikir akan ada di luar pemerintahan dan ini suatu tindakan atau keputusan juga bagian dari membangun bangsa bersama siapapun yang akan jadi kepala pemerintahan," ujar dia. (pu/*)