Diprediksi Masuk Putaran Kedua, Ganjar: Kondisi Rakyat Saya Rasakan

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo. (gemapos/liputan6)
Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo. (gemapos/liputan6)

Gemapos.ID (Jakarta) - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, merespons terkait dirinya bersama Mahfud MD yang diprediksi  lolos ke Pilpres 2024 putaran kedua. Dirinya menyebut hanya akan fokus untuk bergerak turun ke masyarakat.

"Kita lagi bergerak saja, karena beberapa survei yang muncul hari ini kita perbandingkan, waktunya sama kok hasilnya beda, maka kita punya survei sendiri," kata Ganjar di, Jawa Tengah, Jumat (29/12/2023).

Menurutnya dengan turun ke bawah, dirinya dapat membandingkan hasil survei dengan sambutan dari masyarakat. Ganjar pun merasa ada perbedaan.

"Mengapa saya turun terus menerus? Karena kalau saya melihat sambutan masyarakat ramai begini dan saya bisa bertanya langsung, rasanya, kondisi psikologisnya bisa saya rasakan, akan ke mana real suara yang terjadi," tutur Ganjar.

Sebelumnya, Alvara Research bersama Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia (FAPTI) menunjukkan hasil survei nasional mengenai elektabilitas pasangan calon dan wakil presiden. Hasilnya nama Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran berpeluang besar masuk putaran kedua Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

"Kemungkinan besar Pemilu akan berlangsung dua putaran. Dan, peluang paling besar yang masuk ke putaran kedua adalah Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud," kata salah seorang Ketua FAPTI, Andre Rahadian dalam keterangannya, dikutip Kamis (28/12).

Andre menyebutkan tingkat elektabilitas para Capres-Cawapres belum ada yang menyentuh angka 50 persen sehingga kemungkinan Pilpres 2024 akan berjalan dua putaran. Hasil survei pihaknya pun memperlihatkan sebanyak 46 persen responden akan memilih pasangan Prabowo-Gibran, lalu Ganjar-Mahfud menyusul dengan 26,4 persen dan Anies-Muhaimin mendapat 21,3 persen.

Sisanya, responden menjawab tidak tahu sebanyak 6,3 persen. Sedangkan, margin of error dalam survei ini diperkirakan sebesar 2,8 persen.

"Pemilih Jokowi-Ma'ruf Amin di tahun 2019 cukup banyak yang memilih pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md, sedangkan pemilih Prabowo-Sandi akan tetap memilih Prabowo yang berpasangan dengan Gibran di tahun 2024," tambah Andre. (ns)