Polresta Surakarta Siap Amankan CFN Perayaan Pergantian Tahun Baru 2024

Polresta Surakarta Polda Jateng, Siap Amankan CFN Perayaan Pergantian Tahun Baru 2024. (gemapos/ Humas Polri)
Polresta Surakarta Polda Jateng, Siap Amankan CFN Perayaan Pergantian Tahun Baru 2024. (gemapos/ Humas Polri)

Gemapos.ID (Jakarta) - Polresta Surakarta Polda Jateng, malam perayaan pergantian tahun baru 2024, Kota Solo akan menggelar Car Free Night  (CFN) di Jalan Slamet Riyadi hingga Jalan Jenderal Sudirman. Dalam pengamanan acara tersebut, Polresta Surakarta bakal menerjunkan personil gabungan sebanyak 540 personel.

Diketahui bahwa Car Free Night akan dilakukan pada Minggu (31/12/2023) mulai pukul 20.00 WIB hingga Senin (1/1/2024) pukul 01.00 WIB. Belasan panggung hiburan akan didirikan untuk memeriahkan malam pergantian tahun.

Kapolresta Surakarta Kombes. Pol. Iwan Saktiadi, SIK.MH.MSi menjelaskan,  puncak acara car free night akan dimeriahkan dengan pesta kembang api di detik-detik pergantian tahun. Diprediksi, acara itu akan menarik animo masyarakat yang besar.

Polisi mengimbau masyarakat tidak melakukan konvoi dan tetap mematuhi aturan. Pihak kepolisisan telah menyiapkan tim khusus untuk memantau, baik pantauan langsung maupun dengan CCTV sehingga bisa mengantisipasi bila ada konvoi, knalpot brong, dan tindak kejahatan lainnya.

“Kami tidak segan-segan menindak bila ada yang melakukan pelanggaran baik miras maupun penyalahgunaan narkoba. Kami melarang adanya konvoi, yang memenuhi jalan dan mengganggu pengguna jalan lainnya. Jika ada yang menggunakan knalpot brong, kami akan melakukan penindakan,” ujarnya.

Selain mengantisipasi gangguan Kamtibmas, isu torisme juga menjadi kewaspadaan. Karena beberapa waktu lalu, belasan orang diamankan oleh Densus 88 di Solo Raya.

Terkait dengan Terorisme, Densus 88 memiliki mitigasi dan penindakan. Tapi secara umum, akan lakukan upaya preventif dan penegakan hukum, selain menyerap informasi dari Densus 88.

“Tentu intelejen kami menyiapkan informasi, jaringan mana yang terafiliasi atau personel mana yang menjadi marking kami. Tentu menjadi pengawasan khusus saat malam tahun baru,” lanjutnya. (kt)