4 Bahaya Makan Tengah Malam yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi- Makan. (foto: gemapos/pixabay)
Ilustrasi- Makan. (foto: gemapos/pixabay)

Gemapos.ID (Jakarta) – Makan tengah malam dilakukan untuk menghilangkan rasa lapar agar mata menjadi cepat mengantuk. Namun, jika terlalu sering juga tidak baik sehingga bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi tubuh.

 

Menurut penelitian dari University of Pennsylvania Perelman School of Medicine, makan larut malam mengakibatkan penambahan berat badan. Dampak makan larut malam memicu naiknya kadar glukosa dan insulan pada dalam tubuh.

“Makan (larut malam) meningkatkan profil negative dari berat badan, energi, dan penanda hormon seperti glukosa dan insulin yang lebih tinggi, yang terlibat dalam diabetes, dan kolesterol serta trigliserida, yang terkait dengan masalah kardiovaskular dan kondisi kesehatan lainnya,” Ujar Naomi Goel, penulis utama studi tersebut.

Studi tersebut meneliti Sembilan orang dewasa sehat yang makan dalam tiga kali sehari dan mengkonsumsi dua menu cemilan diantara jam 8 pagi dan jam 7 malam selama delapan minggu.

Setelah rehat selama dua minggu, kelompok yang makan dalam tiga kali sehari dan mngkonsumsi dua menu kudapan setiap hari diantara siang dan jam 11 malam. Pola makan atau kebiasaan seperti itu dijalani selama delapan minggu.

Dari studi tersabut, para ahli menemukan dampak makan larut malam pada subjek penelitian tersebut:

1. Berat badan bertambah

2. Subjek memetabolisme lebih sedikit lipid sehingga lebih banyak karbohidrat

3. Insulin dan glukosa puasa jadi meningkat

4. Kadar kolesterol dan trigliserida meningkat (kadar normal dibawah 200 miligram per desiliter untuk dalam kolesterol dan 150 miligram per desiliter untuk dalam trigliserida)

Menurut studi di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolisme, makan larut malam berkontribusi pada penambahan berat badan, meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke dan diabetes menjadi lebih tinggi. (na)