Beberapa Hal Menarik Yang Akan Dilakukan PSSI Pasca Gelaran Piala AFF U-23 2023

Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2023 (foto: gemapos/twitter-PSSI)
Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2023 (foto: gemapos/twitter-PSSI)


Gemapos.ID (Jakarta) PSSI membicarakan sejumlah hal pasca turnamen Piala AFF U-23 2023. Perlu kita ketahui bahwa jalan timnas Indonesia U-23 sangat terjal di turnamen ini.

Mereka harus turun tanpa kekuatan terbaik karena sejumlah pemain ditahan oleh timnya. Selain itu, beberapa pemain juga terkena sanksi dari AFF.

 

Meski begitu, timnas Indonesia U-23 tetap mampu melaju ke partai final meski harus keok di tangan Vietnam lewat adu penali.

Selepas turnamen ini digelar, PSSI mengomentari dan memiliki wacana terkait beberapa hal. Gemapos telah merangkumnya, berikut ulasannya :

Mempertimbangkan Ikut Piala AFF

Sumardji, Ketua Badan Tim Nasional (BTN), menyatakan bahwa PSSI akan mempertimbangkan apakah timnas Indonesia akan berpartisipasi dalam turnamen AFF yang akan datang.

Menurutnya, ada berbagai pertimbangan yang menghadang tim Merah Putih, salah satunya adalah kesulitan dalam menurunkan skuad terbaik timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023.

"Kami akan mengevaluasi berkaitan dengan event-event yang memang layak untuk bisa diikuti secara keseluruhan atau bagaimana." Ucap Sumardji.

"Atau juga kami mengikuti event-eveny yang memang perlu memainkan pemain-pemain pelapis," kata Sumardji.

Tim akan Dibagi Menjadi Dua

PSSI ke depannya punya rencana membagi dua tim timnas Indonesia. Ini bertujuan supaya masalah dengan klub di Indonesia tak terjadi lagi. Pasalnya, ketika PSSI memanggil pemain, ada klub yang keberatan melepas pemain tersebut.

PSSI yang lelah dengan masalah itu memiliki ide membentuk dua timnas Indonesia. Ke depannya, rencana ini bakalan terus dibahas.

"Kemarin Pak Ketua Umum PSSI (Erick Thohir) sudah menyampaikan kepada kami semua agar supaya mempersiapkan ada tim A dan tim B ketika menghadapi turnamen yang benar-benar kalender FIFA dan bukan agenda FIFA," kata Sumardji dikutip dari Bolasport.

TC Timnas Indonesia dan Timnas U-23 Indonesia Bakal Dilakukan

TC (Training Camp) akan dimulai pada tanggal 4 September yang akan datang. Timnas Indonesia akan menggelar TC mereka di Surabaya sebagai bagian dari persiapan untuk FIFA matchday.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-23 akan fokus pada persiapan mereka untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung di Solo.

Shin Tae-yong akan memimpin latihan kedua tim tersebut secara bergantian. Ini merupakan bagian dari persiapan awal Skuad Garuda untuk FIFA Matchday melawan Turkmenistan pada 8 September mendatang.

Sementara itu, Garuda Muda akan berjuang dalam babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung pada tanggal 6-12 September mendatang.

Timnas Indonesia U-23 akan memulai perjalanan mereka dalam kualifikasi ini dengan pertandingan perdana mereka melawan Taiwan pada tanggal 9 September.(da)