Messi Dapat Teguran Keras Dari FIFA Gegara Tak Datang ke Indonesia, Benarkah?



Gemapos.ID (Jakarta) Lionel Messi absen dalam pertandingan persahabatan atau FIFA Matchday antara Timnas Indonesia dan Argentina beberapa waktu lalu. Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir pun menyampaikan kekecewaannya atas ketidakhadiran La Pulga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

"Ketika Messi memilih tidak datang ke Indonesia tentu saya sedih. Apalagi saya juga pendukung Messi," ucapnya. Kendati begitu Erick Thohir mengaku tak bisa berbuat banyak dan menerima keputusan sang megabintang.

"Tapi kalau memang kami tidak diapresiasi (kedatangan) ya tidak apa-apa," tutur Erick Thohir di Jakarta, Sabtu 17 Juni 2023, seperti dilaporkan Antara.

Di sisi lain, setelah bintang sepak bola itu tak datang bersama Tim Tango ke Indonesia, beredar video berisi kabar FIFA memberi teguran keras pada Messi.

Presiden FIFA, Gianni Infantino disebut-sebut murka dan memberi peringatan pada pemain bola tersebut.

“FIFA SEMPROT MESSI!! Presiden FIFA (Gianni Infantino) Kecam Lionel Messi Karna Tidak Main Di Indonesia,” kata narasi yang beredar.

Lantas benarkan ketidakhadiran Messi dalam match day di Indonesia membuat pemai bernomor punggung 10 itu kena marah FIFA?

Faktanya, dalam video yang beredar Gianni sedang membahas mengenai penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar, bukan menyentil Messi.

Adapun video aslinya berasal dari YouTube Guardian Football yang berjudul "I feel Qatari, I feel gay': Infatino defends Fifa decision to host World Cup in Qatar".

Video tersebut direkayasa dengan mengisi ulang suara dari Gianni Infantino, sehingga dia seolah sedang membahas mengenai Messi yang batal berkunjung ke Indonesia.

Berdasarkan keterangan di atas, dapat disimpulkan klaim FIFA semprot Messi gegara tak datang ke Indonesia adalah kabar bohong atau hoaks.(da)