Kupas Prediksi Starting XI Indonesia vs Argentina dan Palestina

Timnas Indonesia (ist)
Timnas Indonesia (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) Timnas Indonesia akan melakoni dua pertandingan persahabatan berkualitas di FIFA Matchday edisi Juni 2023. Berikut prediksi susunan pemain Indonesia vs Palestina dan Argentina.

Tim asuhan Shin Tae Yong yang kini menempati ranking 149 dunia akan menghadapi Palestina yang berada di ranking 93 dunia dan Argentina yang merupakan tim peringkat satu dunia.

Pertandingan Indonesia vs Palestina akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada 14 Juni mendatang.

Kemudian Timnas Indonesia akan menghadapi juara dunia Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada 19 Juni.

Dua uji coba ini merupakan pertandingan yang sangat bagus untuk mengukur kekuatan Timnas Indonesia sekaligus menambah pengalaman bagi para pemain.

Shin Tae Yong telah memanggil 26 pemain yang akan memperkuat Timnas Indonesia melawan Palestina dan Argentina. Sepuluh di antaranya merupakan pemain yang berkarier di luar negeri yaitu Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Elkan Baggott ( Cheltenham Town), Jordi Amat (JDT), Shayne Pattynama (Viking FK), Saddil Ramdani (Sabah FC), dan Marselino Ferdinan (KMSK Deinze).

Selain itu ada juga Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Sandy Walsh (KV Mechelen) serta dua pemain yang baru menyelesaikan proses naturalisasi yakni Ivar Jenner (Jong Utrecht) dan Rafael Struick (ADO Den Haag).

Kemudian Shin Tae Yong juga memanggil kiper PSM Reza Arya yang menjadi momen kali pertamanya ke Timnas Indonesia.

STY juga memanggil lima pemain Timnas Indonesia U-22 yang sukses meraih medali emas SEA Games 2023 yaitu Ernando Ari, Rizki Ridho, Pratama Arhan, Witan Sulaeman, dan Marselino Ferdinan.

Jika dibedah di setiap posisi STY memanggil tiga penjaga gawang yaitu Reza Arya Pratama, Syahrul Trisna, dan Ernando Ari.

Kemudian di posisi bek tengah STY memanggil enam pemain yaitu Rachmat Irianto, Andy Setyo, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, dan Elkan Baggott.

Lalu di posisi bek kanan STY memanggil dua pemain yaitu Asnawi Mangkualam Bahar dan Sandy Walsh. Kemudian di posisi bek kiri STY memiliki Shayne Pattynama, Edo Febriansyah dan Pratama Arhan.

Sementara di lini tengah STY memiliki Marc Klok, Ricky Kambuaya, Ivar Jenner, dan Marselino Ferdinan.

Kemudian di posisi winger kanan atau kiri STY memanggil Yacob Sayuri, Yance Sayuri, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, dan Stefano Lilipaly.

Lalu di posisi penyerang Timnas Indonesia memiliki Dimas Drajad, Dendy Sulistyawan, dan Rafael Struick.

Lantas, siapa saja pemain yang akan menjadi starter Timnas Indonesia dalam dua pertandingan uji coba tersebut.

STY kemungkinan akan membagi kekuatan tim untuk menghadapi Palestina dan Argentina. Ibarat sebuah turnamen pertandingan Indonesia vs Argentina ibarat laga final.

Sehingga pemain-pemain terbaik kemungkinan besar bakal diturunkan oleh Shin Tae Yong untuk memperkuat Timnas Indonesia menghadapi Argentina.

Meskipun Timnas Indonesia juga tidak mungkin melepas begitu saja pertandingan melawan Palestina yang berpeluang untuk menambah poin demi memperbaiki ranking FIFA.

Saat menghadapi Palestina, STY bisa mengandalkan sejumlah pemain muda, seperti lima pemain eks Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 yaitu Ernando Ari, Rizki Ridho, Pratama Arhan, Witan Sulaeman, dan Marselino Ferdinan.
Di posisi penjaga gawang STY bisa mencoba memainkan Ernando Ari Sutaryadi.

Kemudian jika menggunakan empat pemain belakang, STY bisa memainkan Asnawi Mangkualam di posisi bek kanan, Pratama Arhan di bek kiri, serta dua bek tengah yang akan diisi oleh Andy Setyo dan Rizky Ridho.

Lalu jika bermain dengan empat gelandang STY bisa memainkan Ivar Jenner dan Marselino Ferdinan di tengah, serta Witan Sulaeman di sayap kanan dan Saddil Ramdani di sayap kiri.

Sementara posisi dua penyerang STY bisa memainkan Rafael Struick yang berduet dengan Dimas Drajad.

Sedangkan saat Timnas Indonesia melawan Argentina, STY bisa mengandalkan pemain-pemain yang lebih berpengalaman dalam pertandingan level internasional.

Di posisi penjaga gawang STY kemungkinan akan mengandalkan Syahrul Trisna yang selama ini sudah mendapatkan kepercayaan di laga timnas.

Kemudian untuk pertahanan STY bisa bermain dengan lima bek. Tiga bek tengah dapat diisi Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, dan Elkan Baggott.

Ketiga pemain ini punya jam terbang yang bagus di level tinggi sehingga kematangannya bisa sangat membantu kekuatan pertahanan Indonesia dalam menghadapi serangan Lionel Messi cs.

Sementara di posisi bek sayap kanan STY bisa menerjunkan Sandy Walsh dan di bek kiri Timnas Indonesia dapat menurunkan Shayne Pattynama. Kedua pemain ini punya kemampuan bertahan yang baik dan juga punya keahlian dalam membantu serangan dari sektor flank.

Kemudian di posisi dua gelandang tengah kemungkinan besar STY akan menerjunkan duet Marc Klok dan Ricky Kambuaya. Sedangkan di posisi sayap kanan STY dapat menurunkan Yacob Sayuri dan di sayap kiri Indonesia bisa mengandalkan Stefano Lilipaly.

Lalu di posisi ujung tombak STY bisa mengandalkan Dendy Sulistyawan yang punya kecepatan, daya juang tinggi, dan naluri mencetak gol yang tinggi.

Meski demikian, STY kemungkinan juga bisa kembali memainkan pemain-pemain yang tampil bagus melawan Palestina untuk bermain lagi saat melawan Argentina.

Atau, STY juga bisa saja menurunkan formasi terbaiknya di dua pertandingan tersebut, mengingat dua pertandingan tersebut memiliki jeda istirahat yang cukup untuk para pemain.

Prediksi Susunan Pemain Indonesia vs Palestina
Formasi: 4-4-2

Ernando Ari

Asnawi, Andy Setyo, Rizky Ridho, Arhan

Witan, Marselino, Jenner, Saddil

Struick, Dimas Drajad

Prediksi Susunan Pemain Indonesia vs Argentina
Formasi: 4-5-1

Syahrul Krisna

Sandy, Fachruddin, Jordi Amat, Baggott, Shayne

Yacob, Klok, Ricky Kambuaya, Lilipaly

Dendy.(da)