Timnas Kanada Tiba di Jakarta, Bawa 7 Pemain NBA

Pemain timnas Kanada yang bermain untuk tim juara NBA 2023 Denver Nuggets, Jamal Murray.(foto: NBA)
Pemain timnas Kanada yang bermain untuk tim juara NBA 2023 Denver Nuggets, Jamal Murray.(foto: NBA)


Gemapos.ID (Jakarta) Timnas Basket Kanada menjadi tim pertama yang sampai di Jakarta jelang Piala Dunia Basket FIBA 2023. Membawa tujuh pemain NBA, timnas Kanada tiba di Jakarta pada Senin (21/8) dini hari WIB.

Tim yang ditangani pelatih Jordi Fernandez itu tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, setelah melalui penerbangan dari Granada, Spanyol. Sebelum terbang ke Indonesia, Kanada lebih dulu menjalani paga pemanasan melawan Republik Dominika di Granada.

Delegasi Kanada berangkat dari Granada menuju Indonesia dengan menggunakan pesawat sewaan dan tiba pada tengah malam. Rombongan yang berisi 38 orang, terdiri dari perwakilan tim, para pemain, tim pelatih, dan tim medis keluar dari pesawat pada pukul 00.55 Senin dini hari WIB.

"Siap, kawan, siap (bermain di Piala Dunia Basket 2023)," kata Kelly Olynyk, center Kanada yang bermain untuk klub NBA Detroit Pistons, dalam rilis resmi.

Timnas Kanada memiliki 14 pemain, dengan tujuh pemain yang memperkuat tim NBA, untuk Piala Dunia Basket FIBA 2023. Nantinya hanya akan ada 12 pemain masuk roster final yang ditentukan dalam Technical Meeting pada 24 Agustus.

Selain tujuh pemain NBA, Kanada juga diperkuat pemain yang tampil di klub-klub beken Eropa. Absennya pemain juara NBA, Jamal Murray, tidak mengurangi kekuatan timnas Kanada di Piala Dunia Basket 2023.

Kanada tergabung di Grup H Piala Dunia Basket 2023 bersama Latvia, Lebanon, dan Prancis. Indonesia Arena juga menjadi venue Grup G yang berisikan Spanyol, Brasil, Iran, dan Pantai Gading.

Laga pertama Piala Dunia Basket 2023 di Indonesia Arena akan berlangsung pada Jumat (25/8) yang mempertemukan Latvia vs Lebanon dan Kanada vs Prancis.

Berikut daftar pemain Kanada untuk Piala Dunia Basket FIBA 2023
Kyle Alexander (Forward/Valencia-Spanyol)
Nickel Alexander Walker (Guard/Utah Jazz-AS)
RJ Barrett (Guard/New York Knicks-AS)
Trae Bell Haynes (Guard/Budućnost VOLI-Montenegro)
Dillon Brooks (Forward/Memphis Grizzlies-AS)
Luguentz Dort (Point guard/Oklahoma City Thunder-AS)
Zach Edey (Center/Purdue-AS)
Melvin Ejim (Small forward/Cedevita Olimpija-Slovenia)
Shai Gilgeous Alexander (Guard/Oklahoma City Thunder-AS)
Kelly Olynyk (Center/Detroit Pistons-AS)
Dwight Powell (Power forward/Dallas Maverick-AS)
Phil Scrubb (Shooting guard/Obradoiro CAB-Spanyol)
Thomas Scrubb (Small forward/Obradoiro CAB-Spanyol)
Kenny Chery (Point guard/ Petkim Spor-Turki)
(da)