Kain Hitam Penutup Latihan Timnas Indonesia Disorot Media Argentina, Berikut Alasannya

Kain Hitam Penutup Latihan Timnas Indonesia Disorot Media Argentina, Berikut Alasannya (ist)
Kain Hitam Penutup Latihan Timnas Indonesia Disorot Media Argentina, Berikut Alasannya (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Ada yang berbeda dengan suasana latihan Timns Indonsia kali ini jelang menghadapi Argentina di FIFA Matchday 2023. Dimana lapangan tempat latihan Timnas Indonesia ditutup kain hitam yang membentang, sontak hal itu jadi sorotan media Argentina. Rupanya, bukan tanpa alasan lapangan latihan Timnas Indonesia ditutup pakai kain hitam diungkap pelatih Shin Tae-yong. Potret lapangan latihan Timnas Indonesia yang ditutupi kain hitam mendapat sorotan dari media Argentina.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan melawan Argentina pada agenda FIFA Matchday Juni 2023. Laga uji coba bersejarah antara Timnas Indonesia vs Argentina akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Senin (19/6/2023). Menjelang menghadapi tim jawara Piala Dunia 2022 tersebut, skuad Garuda melakukan beberapa persiapan, salah satunya yakni latihan rutin internal.

Laga uji coba bersejarah antara Timnas Indonesia vs Argentina akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Senin (19/6/2023). Menjelang menghadapi tim jawara Piala Dunia 2022 tersebut, skuad Garuda melakukan beberapa persiapan, salah satunya yakni latihan rutin internal.

Namun uniknya pada latihan Timnas Indonesia kali ini ada yang berbeda. Terdapat kain hitam yang menutupi lapangan A Senayan, Jakarta yang dipakai skuad Garuda. Keberadaan kain hitam tersebut membuat pemain tidak bisa melihat ke area luar lapangan. Penggunaan kain hitam untuk menutupi pagar lapangan ini jadi sesuatu yang berbeda dalam persiapan Timnas Indonesia untuk melawan Argentina pada 19 Juni nanti.

Biasanya tim Garuda melakoni sesi latihan dengan pemandangan yang terbuka. Dengan begitu, suporter atau penonton yang kebetulan hadir bisa melihat dari jauh aksi para pemain Timnas Indonesia saat berlatih.

Selain ditutupi kain hitam, tempat latihan Timnas Indonesia juga dijaga oleh sejumlah pria berbadan kekar. Rupanya potret latihan Timnas Indonesia yang ditutupi kain hitam tersebut langsung membuat media Argentina heran.

Laporan media Argentina, Ole, menuliskan menuliskan bahwa hal tersebut "insolito" alias tidak biasa.

"Dalam latihan, Shin Tae-yong, pelatih tim rival, menutupi propertinya (lapangan) dengan kanvas hitam," tulis Ole.com.ar.

"Penasaran, tentu saja, mengingat ini hanya sebuah pertandingan persahabatan," lanjutnya.

Usut punya usut, penggunakan kain hitam untuk menutupi lapangan tersebut merupakan permintaan Shin Tae-yong.

Juru taktik asal Korea Selatan tersebut melakukan cara tersebut agar para pemainnya fokus. Pasalnya lawan yang akan dihadapinya merupakan tim dengan peringkat nomor 1 di dunia.

"Untuk menutupi Lapangan itu permintaan saya, PSSI membantu untuk menutupi Lapangan," kata Shin Tae-yong sebelum memimpin latihan.

"Dari sekarang kami ada perubahan dari latihan, harus lebih fokus kalau tidak ketutup pasti fokus menurun," sambungnya.

Kini Argentina telah tiba di Indonesia. Armada Lionel Scaloni tersebut telah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Jumat (16/6/2023) malam WIB.

Namun sayangnya, Argentina dipastikan tidak akan turun dengan kekuatan terbaiknya saat melawan Timnas Indonesia.

Pasalnya, jawara Piala Dunia 2022 itu tidak akan diperkuat tiga pemain andalannya, yaitu Lionel Messi.

Selain Messi, Nicolas Otamendi dan Angel Di Maria juga turut absen ke Indonesia.

Absennya tiga pemain bintang ini membuat Argentina akan tampil dengan sejumlah pemain muda saat meladeni Timnas Indonesia di GBK.