Kumpulan Fakta Menarik Setelah Timnas Spanyol Menjuarai UEFA Nations League 2023



Gemapos.ID (Jakarta) Timnas Spanyol berhasil meraih trofi juara UEFA Nations League 2023 setelah mengalahkan Kroasia di final. Sejumlah fakta menarik tersaji selepas duel kedua tim.

Menjalani pertandingan di Stadion Feijenoord, Senin (19/6/2023) dini hari WIB, Timnas Spanyol mendapat perlawanan sengit dari Timnas Kroasia. La Roja mencatatkan 53 persen penguasaan bola, berbanding 47 persen milik Kroasia.

 

Meski menguasai ball possession, Spanyol kesulitan menembus rapatnya barisan belakang sang lawan. Tim Matador hanya memperoleh satu peluang bagus dari 21 tembakan, sedangkan Timnas Kroasia melepaskan 12 tembakan yang lima di antaranya mengarah ke gawang.

Namun, upaya kedua tim untuk mencetak gol tak membuahkan hasil. Skor 0-0 bertahan sampai 120 menit, dan penentuan pemenang duel Timnas Spanyol versus Timnas Kroasia harus dilakukan lewat adu penalti.

Pada babak tos-tosan, lima penendang penalti Timnas Spanyol, yakni Joselu, Rodri, Mikel Merino, Marco Asensio, dan Dani Carvajal berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Hanya bola hasil sepakan Aymeric Laporte yang gagal membuahkan hasil, setelah membentur mistar gawang. Sementara itu, eksekutor penalti Kroasia yang sukses menjalankan tugasnya adalah Nikola Vlasic, Marcelo Brozovic, Luka Modric, serta Ivan Parisic.

Adapun bola hasil sepakan 12 pas Lovro Mejer dan tendangan Bruno Petkovic mampu dihentikan kiper Spanyol, Unai Simon. Sampai pertandingan rampung, skor 5-4 untuk kemenangan La Roja tetap bertahan.

Berkat hasil tersebut, Timnas Spanyol berhak atas trofi juara UEFA Nations League 2023. Sejumlah fakta menarik tersaji selepas duel kedua tim. Berikut ini ulasannya.

1. Gavi menjadi pemain termuda yang di Timnas Spanyol saat menjuarai UEFA Nations League 2023 (18 tahun 10 bulan, 2 minggu). Adapun Jesus Navas menjadi pemain tertua di skuad La Roja (37 tahun, 6 bulan, 4 minggu, 1 hari)

2. Luka Modric adalah pemain Timnas Kroasia dengan penampilan terbanyak, satu-satunya pemenang Ballon d'Or skuad tersebut, dan telah mewakili negaranya dalam sembilan turnamen berbeda dalam tiga dekade terakhir.

3. Gelandang Timnas Spanyol, Rodri, merupakan pemain pertama yang meraih penghargaan man of the match pada final UEFA Nations League dan sekaligus meraih trofi juara.

4. Jesus Navas merupakan satu-satunya pesepak bola yang berhasil meraih titel juara Piala Dunia, Piala Eropa, dan juga UEFA Nations League.

5. Sejauh ini, Timnas Spanyol telah mengoleksi lima trofi bergengsi, yakni Piala Dunia 2010, Piala Eropa 1964, 2008, dan 2012, serta UEFA Nations League 2023.

6. Timnas Spanyol untuk kedua kalinya meraih titel juara hingga extra time. Sebelumnya, mereka berhasil mengalahkan Belanda pada babak tambahan dengan skor 1-0 di final Piala Dunia 2010.

7. Timnas Spanyol bermain di final UEFA Nations League untuk kedua kalinya secara beruntun. La Roja menjadi negara pertama yang mampu melakukan torehan tersebut. Sayangnya, pada final UEFA Nations Legaue 2021, mereka kalah 1-2 dari Prancis.

8. La Roja menjadi tim kedua yang berhasil meraih trofi Piala Dunia, Piala Eropa, dan UEFA Nations League. Prestasi serupa pernah diraih Timnas Prancis, yakni Piala Dunia 1998, Piala Eropa 1984 dan 2000, serta UEFA Nations League 2021.(da)