Kans Besar Timnas Indonesia Dekati Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia (foto: pssi)
Timnas Indonesia (foto: pssi)


Gemapos.ID (Jakarta) Timnas Indonesia memiliki kans besar mendekati Piala Dunia 2026 berdasarkan drawing kualifikasi yang dilakukan di markas Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/7).

Perjumpaan dengan Brunei Darussalam pada fase pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 membuat Timnas Indonesia memiliki peluang besar melaju ke babak selanjutnya.

Indonesia harus menjalani pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 sejak fase pertama lantaran memiliki peringkat ke-28 di zona Asia. Hanya negara-negara dengan peringkat 1-26 yang bisa melangkah otomatis ke fase kedua.

Brunei muncul sebagai lawan Indonesia pada fase pertama. Pertandingan yang tidak asing lantaran kedua negara kerap bertemu di berbagai ajang dan beragam kelompok umur.

Di atas kertas Indonesia unggul atas Brunei Darussalam. Dari segi peringkat, tim Merah Putih saat ini menempati posisi 150 dunia dan Brunei ada di posisi 190. Dari pertemuan terdahulu kedua negara, Indonesia pun kerap meraih kemenangan.

Pertandingan Indonesia vs Brunei akan berlangsung dalam dua leg. Indonesia mendapat jatah sebagai tuan rumah pada pertemuan pertama yang berlangsung 12 Oktober. Lima hari berselang giliran Brunei yang menjamu Indonesia.

Jika bisa melaju ke babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Indonesia dipastikan akan menghadapi lawan-lawan yang lebih berat yakni Irak, Vietnam, dan Filipina.

Kendati demikian, Indonesia tetap memiliki kans besar melangkah ke babak selanjutnya. Vietnam baru saja berganti pelatih dan Philippe Troussier belum benar-benar teruji bersama skuad Golden Star. Sedangkan Filipina juga tak memiliki keunggulan mutlak atas Indonesia.

Irak yang menjadi satu-satunya wakil Asia Barat di Grup F juga bukan menjadi adangan yang betul-betul bakal menenggelamkan Indonesia di laga babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026.

Di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, akan ada 18 tim yang terbagi menjadi tiga grup dengan masing-masing enam tim. Dua tim teratas akan lolos otomatis ke Piala Dunia 2026.

Sementara peringkat tiga dan empat akan lanjut ke babak keempat untuk memperebutkan dua tiket.

Pada kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia tak berkutik kala menjalani fase kedua. Berada satu grup dengan Uni Emirat Arab, Vietnam, Malaysia, dan Thailand, Indonesia hanya menjadi juru kunci dengan satu poin dari delapan kali bertanding.(da)