Media Asing Bahas FIFA Batalkan Drawing Piala Dunia U-20 di Bali

Media Israel Soroti Drawing Piala Dunia U-20 Batal di Bali (ist)
Media Israel Soroti Drawing Piala Dunia U-20 Batal di Bali (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Sejumlah media asing menyoroti FIFA membatalkan drawing atau undian Piala Dunia U-20 di Bali karena muncul banyak penolakan terkait kehadiran tim nasional Israel di Indonesia.

Media Malaysia, The Star, dan Media Singapura, The Straits Times, menuliskan artikel berjudul "Pengundian Piala Dunia U-20 FIFA dibatalkan di Indonesia, karena kontroversi soal partisipasi Israel."

Sementara itu, media Australia, ABC News, menuliskan artikel berjudul "Masalah Indonesia dengan Israel bikin tunda undian FIFA U-20 Piala Dunia," pada Minggu (26/3).

Di paragraf pertama, mereka menuliskan FIFA menunda pengundian Piala Dunia U-20 karena Indonesia sebagai tuan rumah bermasalah dengan kehadiran Israel yang lolos kualifikasi.

Keputusan tersebut muncul lima hari sebelum FIFA dijadwalkan membuat undian untuk 24 negara yang lolos kualifikasi, termasuk Israel, pada 31 Maret.

Langkah itu juga diambil usai Gubernur Bali, I Wayan Koster, menyerukan penolakan terhadap Timnas Israel. Ia mengatakan alasan penolakan itu karena Indonesia mendukung kemerdekaan Palestina.

Pemerintah Indonesia memutuskan enam stadion yang bakal digunakan untuk turnamen. Salah satu stadion berada di Kota Gianyar, Bali.

Selain itu, sejumlah kepala daerah dan pengurus PDIP vokal mengkritik kedatangan tim nasional Israel.

Protes soal partisipasi Timnas Israel juga berlangsung di Jakarta oleh kelompok Islam konservatif.

Sikap pemerintah pun menjadi sorotan apakah bakal mengambil tindakan secara tegas untuk mengekang protes gelombang politik atau tidak.

Indonesia merupakan salah satu negara mayoritas Muslim terbesar di dunia.

Negara Asia Tenggara ini getol memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Indonesia juga tak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan otoritas publik sebelumnya menyepakati persyaratan FIFA pada 2019, sebelum RI dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Jika Indonesia tak bisa mengatasi kegaduhan ini, FIFA berpotensi menskor PSSI. Sanksi ini juga bisa membuat Indonesia dicoret dari kualifikasi Asia untuk Piala Dunia 2026.

Israel memastikan diri tampil di Piala Dunia U-29 2023 pada 25 Juni 2022. Kabar ini mencuat usai Serbia kalah 2-3 dari Austria.

Kekalahan Serbia ini membuat Israel menjadi runner up Grup B Piala Eropa U-29 2022. Dengan demikian, Israel punya tiket melaju ke Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung di RI.