Cuma Jadi Tuan Rumah, Kenapa Timnas Indonesia Tak Main di Piala Dunia Basket 2023?

Timnas basket Indonesia (foto: Gemapos/Perbasi)
Timnas basket Indonesia (foto: Gemapos/Perbasi)


Gemapos.ID (Jakarta) Timnas Basket Indonesia dipastikan tidak tampil saat Indonesia menjadi tuan rumah Grup G dan H Piala Dunia Basket 2023. Berikut alasan Timnas Basket Indonesia tak main di Piala Dunia Basket 2023.

Piala Dunia Basket 2023 akan bergulir di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, mulai Jumat (25/8) mendatang.

Kejuaraan ini digelar di tiga negara tuan rumah yaitu Filipina, Jepang, dan Indonesia. Filipina menjadi tuan rumah untuk penyisihan Grup A, B, C, dan D.

Jepang akan menjadi tuan rumah penyisihan Grup E dan F. Sedangkan Indonesia akan menjadi tuan rumah Grup G dan H Piala Dunia Basket 2023.

Namun berbeda dengan Filipina dan Jepang yang lolos langsung ke putaran final Piala Dunia Basket 2023 sebagai tuan rumah, FIBA tidak mengizinkan Timnas Basket Indonesia lolos langsung ke babak utama meski menjadi tuan rumah.

Komite Eksekutif FIBA menilai Timnas Basket Indonesia belum memiliki tim yang cukup kompetitif untuk bersaing di Piala Dunia Basket, sehingga perlu melalui babak kualifikasi.

Hal ini berbeda dengan Filipina dan Jepang yang sudah berpengalaman tampil di Piala Dunia Basket. Filipina sudah enam kali tampil di Piala Dunia Basket sejak 1954 hingga terakhir tampil di 2019.

Sedangkan Jepang sudah lima kali tampil di Piala Dunia Basket sejak 1963 hingga terakhir tampil di 2019.

Indonesia pun harus berjuang dari kualifikasi FIBA Asia Cup 2022 Sub Zona ASEAN yang digelar sejak 2018. Indonesia kemudian berhasil lolos hingga putaran final FIBA Asia Cup 2022.

Sayangnya, Indonesia gagal menembus babak delapan besar FIBA Asia Cup 2022 sebagai syarat untuk lolos ke Piala Dunia Basket 2023.

Indonesia terhenti di babak play off FIBA Asia Cup 2022 usai kalah dari China 58-108 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, pada 18 Juli 2022.

Akibatnya, Indonesia pun hanya menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket 2023 tanpa menurunkan tim di kejuaraan dunia kali ini.

Meski demikian, gelaran Piala Dunia Basket 2023 diharapkan bisa menjadi hiburan bagi pecinta bola basket Tanah Air dan bahan pembelajaran bagi Timnas Basket Indonesia.(da)