Berikut Cara Indonesia Lolos Semifinal Piala AFF U-23 Usai Ditekuk Malaysia

Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023 (foto: PSSI)
Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023 (foto: PSSI)


Gemapos.ID (Jakarta) Timnas Indonesia U-23 masih punya peluang lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023 meski kalah dari Malaysia pada laga pertama Grup B di Stadion Rayong, Thailand, Jumat (18/8).

Indonesia kalah 1-2 dari Malaysia di laga pertama. Sempat unggul lewat gol Ramadhan Sananta di babak pertama, gawang Garuda Muda dua kali dibobol Malaysia di babak kedua lewat Fergus Tierney.

Hasil ini membuat Indonesia punya peluang yang kecil untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023. Namun tim asuhan Shin Tae Yong tetap punya kesempatan untuk melangkah ke babak empat besar.

Peluang terbaik Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal adalah melalui satu tiket tim runner-up terbaik. Caranya Indonesia harus meraih kemenangan cukup telak atas Timor Leste pada pertandingan kedua Grup B di Rayong, Minggu (20/8).

Ada tiga grup di Piala AFF U-23 2023. Masing-masing juara grup akan lolos otomatis ke babak semifinal, dengan satu tim lainnya akan lolos melalui klasemen runner-up terbaik.

Indonesia saat ini berada di dasar klasemen runner-up terbaik. Dengan Thailand berada di puncak dengan tiga poin, disusul Laos ada di posisi kedua dengan satu poin.

Berkaca dari klasemen yang ada, rival Indonesia dalam perebutan tiket runner-up terbaik ada di Grup A. Kemungkinan besar Timnas Indonesia U-23 akan bersaing dengan Kamboja dalam memperebutkan tiket ke semifinal, dengan asumsi Thailand bisa mengalahkan Kamboja di Grup A.

Selain itu poin kemenangan melawan tim dasar klasemen di Grup A tidak akan digunakan dalam perhitungan klasemen runner-up terbaik Piala AFF U-23 2023.

Klasemen Piala AFF U-23 2023

Grup A
Kamboja 3
Thailand 3
Myanmar 0
Brunei 0

Grup B
Malaysia 3
Indonesia 0
Timor Leste 0

Grup C
Filipina 1
Laos 1
Vietnam 0

Klasemen runner-up terbaik
Thailand 3
Laos 1
Indonesia 0

(da)