Ini Sosok Fergus Tierney Pemain Keturunan Skotlandia Yang Kubur Impian Garuda Muda

Fergus Tierney (foto: ig/Fergus Tierney)
Fergus Tierney (foto: ig/Fergus Tierney)


Gemapos.ID (Jakarta) Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Malaysia di pertandingan babak fase grup B Piala AFF U-23 2023.

Anak asuh Shin Tae-yong kalah 1-2 dari Malaysia di Stadion Provinsi Rayong, Thailand, Jumat (18/8) malam.

Sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Ramadhan Sananta pada babak pertama, Timnas Indonesia kena comeback lewat dua gol penalti Malaysia yang dicetak oleh Fergus Tierney. 

Salah satu momen yang kemudian jadi sorotan publik sepak bola Indonesia ialah saat gelandang Malaysia keturunan Skotlandia Fergus Tierney dianggap diving di area terlarang. 

Pada tayangan ulang terlihat, Fergus Tierney tak mendapat jegalan dari pemain Timnas Indonesia U-23 namun ia menjatuhkan diri dan membuat wasit berikan hadiah penalti. 

Profil Fergus Tierney

Fergus Tierney lahir di Penang, Malaysia pada 2003. Ia menjadi salah satu pemain naturalisasi tim nasional Malaysia. 

Tierney yang berposisi sebagai pemain tengah memulai karier sepak bola di Malaysia dengan bergabung ke Soccer Experience FC. 

Menimba ilmu sepak bola di Soccer Experience FC, Tierney kerap kali bermain melawan tim-tim Eropa seperti skuat akademi Atlético Madrid, CA Osasuna Cantera, tim junior Levante UD, hingga akademi CD Tenerife. 

Tiernye kemudian sempat mendapat undangan trial di sejumlah klub seperti Sunderland, Leicester City, Dundee, FC Goa, hingga St Johnstone di Skotlandia. 

Pada Februari 2023, Tierney kemudian dipanggil untuk memperkuat tim U-23 Malaysia. Ia lalu jadi bagian dari skuat U-23 Malaysia saat menjuarai Piala Merlion di Singapura pada Maret 2023. 

Fergus Tierney diketahui ialah anak dari mantan pemain PDRM dan Geylang International, Martin Tierney dan ibunya, Sharon Tierney ialah atlet atletik yang pernah membela Skotlandi di sejumlah kejuaraan.(da)