Komang Teguh Dipanggil ke Timnas Indonesia U-23 saat Disanksi AFC, Begini Penjelasan Sumardji

Komang Teguh (foto: PSSI)
Komang Teguh (foto: PSSI)


Gemapos.ID (Jakarta) Pemanggilan Komang Teguh ke Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2023 menimbulkan pertanyaan. Pasalnya, sang pemain masih berstatus disanksi AFC, setelah terlibat perkelahian di final SEA Games 2023.

Komang Teguh masuk daftar 23 pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. Padahal, pada Juni 2023 AFC memberikan sanksi berat untuk Komang Teguh.

Sang pemain dianggap melanggar Kode Disiplin dan Etik AFC Pasal 47 sehingga mendapatkan sanksi larangan bermain sebanyak enam laga. Selain itu, Komang Teguh juga mendapatkan denda senilai 1000 dolar AS.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, menjelaskan status Komang Teguh yang dipanggil Timnas Indonesia U-23 saat sedang menjalani sanksi AFC. Menurut Sumardji, sanksi larangan yang dimaksud AFC adalah pertandingan persahabatan atau uji coba.

"Perlu saya jelaskan terkait dengan Komang, dia ini setelah kami baca sanksi AFC, dia hanya dilarang tidak boleh bermain pada saat friendly match," kata Sumardji.

(da)