Pesona Puncak Dunu Ceria yang Memukau Pengunjung

Objek wisata Puncak Dunu Ceria di Desa Dunu, Kecamatan Monano, Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menyedot ribuan pengunjung. (ant)
Objek wisata Puncak Dunu Ceria di Desa Dunu, Kecamatan Monano, Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menyedot ribuan pengunjung. (ant)


Gemapos.ID (Jakarta) - Keindahan objek wisata Puncak Dunu Ceria di Bukit Dunu Desa Dunu, Kecamatan Monano, Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, berhasil memukau ribuan pengunjung.

"Kami sangat mensyukuri kondisi ini. Mengingat Puncak Dunu dirancang sebagai salah satu objek wisata unggulan yang menyajikan keindahan alam bukit ilalang dan panorama laut berhias jejeran pulau cantik. Dipadu atraksi olah raga paralayang yang bisa dinikmati pengunjung dari puncak ini," kata Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gorontalo Utara, Hairunissawati Bakari, di Gorontalo, Minggu (11/6/2023).

Pihaknya kata perempuan muda ini, terus mendorong pemerintah Desa Dunu dalam mengembangkan objek pariwisata tersebut.

"Peluang kolaborasi dengan berbagai pihak terus didorong. Termasuk membuka ruang investasi, namun tetap memprioritaskan program pemberdayaan masyarakat di sektor riil sebagai daya tarik lain dalam mengembangkan objek wisata ini," katanya.

Hairunissawati mengatakan, pihaknya sangat bersemangat memberi dukungan tersebut. Selain telah membangun shelter yang dapat dimanfaatkan oleh warga pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), menyiapkan fasilitas yang diperlukan seperti sarana toilet, air bersih yang terus mengalir, tempat parkir dan akses jalan memadai. "Upaya mempromosikan objek wisata ini memanfaatkan berbagai platform terus dilakukan," katanya.

Hasilnya pun mulai nampak. Bahkan memasuki bulan kedua sejak diresmikan oleh Bupati Thariq Modanggu, Puncak Dunu Ceria yang ikut dipromosikan seluruh pemangku kepentingan di daerah ini, termasuk dukungan pihak Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dan Kantor Berita ANTARA, telah mampu menyedot ribuan pengunjung. Pada libur akhir pekan saat ini, sesuai buku tamu yang terisi, ada sekitar 700 pengunjung datang setiap hari.

"Kalau kami total, pada libur akhir pekan Sabtu dan Minggu ini, pengunjungnya sudah mencapai lebih dari seribu orang. Mereka datang dari lokal Gorontalo, juga daerah tetangga di Pulau Sulawesi, diantaranya Sulawesi Utara. Ini berkat yang luar biasa," katanya pula.

Pihaknya berharap dapat memacu sumber penerimaan desa maupun daerah. Sehingga pengelolaannya terus ditingkatkan agar berkelanjutan dan terus menjadi salah satu objek wisata yang diandalkan di daerah ini

Promosi yang dilakukan serentak, diikuti dengan gerakan dari Kelompok Sadar Wisata Desa Dunu yang melakukan perbaikan dan penataan kawasan wisata.

"Mereka membantu mengatur arus kendaraan dari dan ke objek wisata. Mengingat lokasinya berada di bukit sehingga perlu diatur dengan baik. Melakukan kampanye sadar sampah, agar pengunjung tidak meninggalkan sampah apalagi membakar di area ilalang, serta mengatur zona kemah bagi mereka yang ingin menginap," imbuhnya. (pu)