TMMD 2023 Telah Selesaikan Pembangunan Jalan Pertanian dan Wisata di OKU Sumsel

Danrem 044 Gapo Brigjen TNI M Naudi Nurdika memimpin upacara penutupan kegiatan TMMD ke 117 tahun 2023 di Desa Karang Endah, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten OKU, Jumat (foto: ant)
Danrem 044 Gapo Brigjen TNI M Naudi Nurdika memimpin upacara penutupan kegiatan TMMD ke 117 tahun 2023 di Desa Karang Endah, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten OKU, Jumat (foto: ant)


Gemapos.ID (Jakarta)- TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 117 tahun 2023 menyelesaikan pembangunan akses jalan pertanian dan wisata di Desa Karang Endah, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan.

"Kita patut berbangga, program TMMD di Kabupaten OKU tahun ini menunjukkan hasil yang memuaskan," kata Danrem 044 Gapo Brigjen TNI M Naudi Nurdika saat memimpin upacara penutupan kegiatan TMMD di Desa Karang Endah, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten OKU, Jumat.

Penutupan TMMD ditandai dengan penyerahan peralatan dari peserta TMMD Kelada Danrem 0444 Gapo, pemukulan gong dan pengguntingan pita tanda diresmikannya jalan yang dibangun dalam kegiatan tersebut.

Menurut dia, kegiatan TMMD yang dilaksanakan selama lebih kurang satu bulan mulai 12 Juli hingga 10 Agustus 2023 tersebut hasilnya sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Seperti pembangunan jalan dengan lebar 8 meter dan panjang 5 kilometer di desa itu kini mempermudah masyarakat, terutama para petani dalam mengangkut hasil kebun sehingga dapat menekan biaya pertanian.

Selain pertanian, kata dia, dalam kegiatan TMMD tersebut juga telah dibuka akses jalan menuju Objek Wisata Batu Ampar yang menjadi potensi wisata di Desa Karang Endah.

Dengan adanya jalan ini diharapkan Wisata Batu Ampar dapat berkembang dan menjadi wisata andalan Desa Karang Endah sehingga dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat di wilayah itu.

"Berbagai hasil pembangunan sarana fisik dan non fisik ini telah mendorong perkembangan desa secara umum. Semua pencapaian ini tentunya karena adanya dukungan dari daerah serta segenap elemen masyarakat," ujarnya.

Dengan berakhirnya TMMD ke117 ini, Danrem berpesan kepada seluruh masyarakat, khususnya anggota Satgas TMMD agar terus memelihara kebersamaan dan kemanunggalan TNI- Polri dan rakyat.

"Peliharalah hasil-hasil program TMMD ini dengan sebaik-baiknya agar manfaatnya dapat dirasakan dalam kurun waktu yang lama," kata dia.

Sementara, Dandim 0403 OKU Letkol Inf Hari Feriawan Rumawatine dalam laporannya menyampaikan bahwa hasil kegiatan TMMD berupa fisik dan non fisik di Desa Karang Endah telah selesai 100 persen dan dilaksanakan dengan aman, lancar serta sesuai target yang ditentukan.

"Saran dari hasil dari TMMD ke 117 tahun anggaran 2023 dapat ditindaklanjuti dan ditingkatkan sehingga dapat digunakan dalam waktu yang panjang," tegasnya.(ra)