Sosok Kombes Sumardji, Polisi yang Jadi Korban Pemukulan Ofisial Timnas Thailand

Gemapos.ID (Jakarta)- Pada final SEA Games 2023 di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Selasa (16/5) malam tadi terjadi keributan saat melawan Thailand bahkan, Manajer Timnas Indonesia U-22 Sumardji menjadi korban pemukulan.

Berdasarkan video yang beredar di media sosial, dua orang dengan pakaian ofisial Thailand menyerang salah satu ofisial Indonesia sesaat setelah Timnas Indonesia U-22 mampu unggul 3-2 berkat gol Irfan Jauhari pada awal perpanjangan waktu babak pertama.

Terlihat dalam video, ofisial Thailand tersebut menyerang membabi-buta. Manajer Timnas Indonesia Sumardji yang hendak melerai keributan justru ikut jadi korban. Saat itu jaket Sumardji ditarik ofisial Thailand tersebut hingga terjengkang dan terkapar selama beberapa saat di rumput lapangan. 

Kemudian, dari belakang bek Komang Teguh memukul bagian belakang kepala salah satu pemain Thailand. Karena kejadian tersebut, Sumardji pun harus dipapah dua orang untuk kembali ke bench Indonesia.

"Soalnya saya jatuh. Jadi saya kan menghalangi, supaya enggak ada yang ini kan, malah dipukul saya," ujar Sumardji kepada awak media usai pertandingan.

Siapa sosok Sumardji yang menjadi korban kerusuhan tersbut? Ternyata, Sumardji adalah sosok perwira menengah Polri dengan pangkat Komisaris Besar (Kombes).

Ia merupakan lulusan Sekolah Calon Perwira (Secapa) Polri tahun 2001 yang memiliki pengamanan di bidang lalu lintas (lantas). Sejumlah jabatan di Korps Bhayangkara pun pernah diemban Sumardji. 

Di antaranya Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya dan Wadirpolairud Polda Metro Jaya. Di tahun 2020, Sumardji kemudian diangkat menjadi Kapolresta Sidoarjo Polda Jawa Timur. Setahun berselang atau pada 2021, ia dipercaya menduduki jabatan Dirlantas Polda Bengkulu.

Kemudian, di tahun 2023, pria kelahiran Nganjuk, 12 Februari 1972 ini menjabat sebagai Auditor Kepolisian Madya Tingkat III Itwasum Polri.

Sementara itu, Sumardji mulai terjun ke dunia sepak bola pada 2016. Kala itu, ia menjadi Manajer Bhayangkara FC, tim sepak bola yang dimiliki oleh Polri.

Selanjutnya, Sumardji juga didapuk menjadi manajer Timnas Indonesia dari berbagai usai mulai dari Timnas U-19, Timnas U-23, hingga Timnas Indonesia senior. 

Tak hanya itu,bahkan di tahun ini, Sumardji pun terpilih menjadi anggota Exco PSSI periode 2023-2027. Sumardji turut mendampingi Timnas U-22 saat berhasil menyabet medali emas SEA Games 2023.(ri)