Rayakan HUT RI, BUMN Gandeng Pertamina Hadirkan Bazar UMKM di Sarinah

Rayakan HUT RI, BUMN Gandeng Pertamina Hadirkan Bazar UMKM di Sarinah (foto: Pertamina)
Rayakan HUT RI, BUMN Gandeng Pertamina Hadirkan Bazar UMKM di Sarinah (foto: Pertamina)


Gemapos.ID (Jakarta) Kementerian BUMN dan PT Pertamina (Persero) menggelar Bazar UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Gedung Sarinah, Jakarta, Sabtu (12/8/2023).

Bazar UMKM tersebut digelar selama periode 11-14 Agustus 2023 untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan kegiatan bazar UMKM tersebut merupakan komitmen dan dukungan Kementerian BUMN dalam pemberdayaan UMKM daerah, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

Ia berharap kegiatan tersebut memberi kesempatan para pelaku UMKM untuk menjual ragam produk yang inovatif dan khas.

“Kami mengapresiasi adanya acara ini, karena dapat memperluas pasar UMKM untuk menembus konsumen yang lebih luas. Selain bazar semacam ini, Pertamina proaktif mengikutkan para UMKM binaan kami dalam pameran-pameran UMKM skala internasional,” kata Fadjar dalam pembukaan Bazar UMKM untuk Indonesia di Gedung Sarinah, Jakarta.

Fadjar mengatakan, dalam Bazaar UMKM spesial Hari Kemerdekaan, Pertamina menghadirkan 62 UMKM binaan Pertamina, Rumah BUMN Pertamina dan Pertamina Foundation yang terdiri dari produk fashion, craft, F&B, dan beauty.

“Mereka hadir dengan membawa produk-produk unggulan yang mengusung kearifan lokal wilayahnya masing-masing dengan kualitas yang mampu bersaing. Kekayaan dan keberagaman budaya Indonesia tertuang dalam produk kreatif yang dihasilkan para UMKM,” ujarnya.

Fadjar mengatakan, pihaknya mendorong dan memfasilitasi para pelaku UMKM untuk mempromosikan produk-produknya melalui berbagai pameran baik di dalam maupun luar negeri. Ia menambahkan, UMKM merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Pertamina untuk pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi.

Hal ini, kata dia, merupakan salah satu upaya Pertamina menjadi perusahaan berkelanjutan, sehingga kiprahnya dapat bermanfaat bagi masyarakat. "Pertamina sebagai satu-satunya perusahaan nasional yang masuk dalam jajaran 500 perusahaan terbaik di dunia versi Fortune Global 500.

Tahun ini Pertamina berada di peringkat #141 naik 82 peringkat dibanding tahun 2022 yang berada di posisi #223," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting mengatakan, kegiatan bazar UMKM diselenggarakan Kementerian BUMN setiap bulan, sejak Januari 2023.

"Acara UMKM kali ini diikuti UMKM binaan perusahaan BUMN secara bergiliran sepanjang tahun 2023, Pada bulan Agustus, saatnya Pertamina dan PT Angkasa Pura II menghadirkan UMKM binaannya," kata Loto.(da)