Tumbang Dari Persija, Aji Santoso Soroti Keputusan Wasit, Matchfixing?

Konferensi pers persija vs persebaya (foto: BRI Liga 1)
Konferensi pers persija vs persebaya (foto: BRI Liga 1)


Gemapos.ID (Jakarta) Persebaya Surabaya dikalahkan Persija Jakarta 0-1 pada pekan ke-5 Liga 1 2023/2024. Pelatih Bajul Ijo Aji Santoso menyoroti sejumlah keputusan wasit.

Bajul Ijo dijamu Persija di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (30/7/2023). Laga ini dimenangi Persija 1-0 lewat gol semata wayang Ryo Matsumura pada babak pertama.

Terkait kekalahan timnya, ia menilai Persija memang sukses memanfaatkan momentum. Tapi ia mengeluhi beberapa keputusan wasit yang dinilainya merugikan Persebaya.

Dalam laga ini Persebaya bermain dengan 10 pemain setelah Arief Catur diusir wasit akibat pelanggarannya terhadap Witan Sulaeman pada menit ke-29. Arief menjadi pemain terakhir dalam situasi 1 on 1 saat Witan berusaha masuk ke kotak penalti Persebaya.

"Soal kartu merah, itu memang menjadi keputusan wasit, saya bisa terima. Tetapi sebelum pelanggaran, ada handsball Witan, tapi ya saya tetap oke dan respect sama keputusan wasit, tapi Witan itu 100 persen handsball," kata Aji Santoso saat memberikan keterangan seusai laga.

"Tadi saya juga protes terhadap hakim garis, selama 90 menit saya hanya sekali protes. Itu karena bola benar-benar di-heading pemain kaus merah (Persija) tapi jadi tendangan kiper (goal kick), entah salah penglihatan saya atau bagaimana," ujarnya mengeluh.

Selain dua peristiwa itu, ada juga beberapa pelanggaran yang dilakukan pemain Persija di kotak terlarang. Mulai dari pelanggaran terhadap Sho Yamamoto dan Bruno Moreira.

Terlepas dari hal itu, Aji Santoso enggan menjadikan keputusan wasit sebagai alasan. Ketimbang mengeluh, ia mau evaluasi timnya untuk bisa mendapatkan hasil lebih baik di laga selanjutnya.

"Yang jelas apapun keputusan wasit saya respect, tapi ya Bruno itu didorong 100 persen di kotak penalti. Tapi no excuse, saya tetap respek dan biar orang yang menilai," tutur eks Pelatih Arema FC.

"Saya menerima kekalahan ini dengan lapang dada, ke depan kami akan evaluasi secepat mungkin karena empat laga kami tidak menang," ucap Aji Santoso.(da)