Antisipasi Kekurangan Air, Kodim 0730/Gunungkidul Berikan Fasilitasi Air Bersih di Klepu

Bantuan air bersih di Gunungkidul (foto: ant)
Bantuan air bersih di Gunungkidul (foto: ant)


Gemapos.ID (Jakarta)- Komando Distrik Militer 0730/Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan bantuan fasilitasi air bersih di Padukuhan Klepu supaya tidak terdampak kekurangan air bersih.

Dandim 0730/Gunungkidul Letkol Kav Anton Wahyudo di Gunungkidul, Selasa, mengatakan air yang menjadi sumber kehidupan sangat dibutuhkan sebagai kebutuhan sehari-hari dan dalam rangka turut serta untuk mengatasi masalah air di Gunungkidul, melalui Program TNI AD Manunggal Air Tahun 2023, TNI AD memberikan bantuan fasilitas air bersih.

"Padukuhan Klepu menjadi sasaran pemberian bantuan fasilitasi air bersih," kata Anton.

Ia mengatakan di Gunungkidul ini ada tiga titik, yang pertama di Klepu ini, kedua di Paliyan baru 50 persen, sedang pemasangan listrik dan instalasi dan Girisubo baru 30 persen dalam tahap pengeboran.

Ia berharap ke depan dengan adanya program ini dapat terus berkelanjutan dan masalah air di Gunungkidul dapat tertangani.

Selain itu TNI AD melalui Kodim 0730/Gunungkidul juga memberikan bantuan tambahan nutrisi dalam rangka pencanangan percepatan penurunan stunting.

"Program yang berasal dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Program ini tidak hanya di Gunungkidul tetapi juga dilaksanakan di berbagai daerah di seluruh Indonesia," katanya.

Lurah Kalurahan Nglegi Wasdiyanta mewakili warga masyarakat mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang telah diberikan.

"Mewakili warga masyarakat saya mengucapkan banyak terima kasih, harapannya dapat bermanfaat untuk warga kami, dan masyarakat dapat memanfaatkannya lebih baik," kata Wasdiyanta.

Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto mengatakan pada 2023 ini, TNI telah memberikan bantuan sumur bor/jaringan air bersih di 17 lokasi dan sangat membantu serta bermanfaat bagi masyarakat.

Di sisi lain setiap tahun, TNI melalui program TMMD Sengkuyung juga telah banyak membantu pembangunan jalan-jalan dan bantuan sosial seperti pemberian sembako, serta upaya-upaya penanganan stunting.

"Kami selaku pemerintah kabupaten mewakili masyarakat Gunungkidul mengucapkan terima kasih, penghargaan dan apresiasi yg setinggi-tingginya kepada jajaran TNI yang telah banyak memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Gunungkidul," katanya.(ri)