Serangan KKB Papua: Dandim Yakuhiko dan Tiga Prajurit Tertembak, Satu Gugur

Kelompok kriminal bersenjata di Papua (ist)
Kelompok kriminal bersenjata di Papua (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua melakukan penyerangan terhadap prajurit TNIdi wilayah Yahukimo. Akibatnya, Dandim Yahukimo Letkol Johanis Victorianus Tethool dan dua anggota tertembak, sementara satu personel meninggal dunia.

"Mengakibatkan satu orang prajurit atas nana Pratu LW gugur, dua orang peajurit atas nama Pratu NS dan Sertu RS mengalami luka tembak dan saat ini dalam kondisi sadar di RS Yahukimo, bahwa benar Letkol Inf J.V. Tethool Dandim 1715/Yahukimo juga tertembak," tutur Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Kamis (2/3).

Menurut Herman, peristiwa penembakan KKB Papua yang disebut juga Kelompok Separatis dan Teroris (KST), terhadap Personel Kodim 1715/Yahukimo 1715/Yahukimo itu bertempat di KM 4 Jalan Paradiso Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, Rabu 1 Maret 2023 sekitar pukul 15.30 WIT.

"Yang bersangkutan (Dandim Yahukimo) mengalami luka tembakan dan saat ini sedang mendapat perawatan intensif dari tim medis RS Yahukimo," jelas dia.

Sejauh ini seluruh korban luka masih dalam penanganan medis. Herman pun meminta doa dari semua pihak untuk para korban luka dan yang gugur dalam bertugas.

"Mohon doanya agar para korban penembakan dapat segera ditangani dan sehat, serta dapat kembali bertugas mengemban tugas negara," katanya.