Alasan KSAD Dudung Tugaskan Jenderal Beragama Hindu Pimpin Pembangunan Mesjid di Cirebon

Jenderal TNI Dudung Abdurachman meninjau pembangunan Masjid Syarif Abdurahman
Jenderal TNI Dudung Abdurachman meninjau pembangunan Masjid Syarif Abdurahman

Gemapos.ID (Jakarta) - Kepala Staf Angkatan Darat ( KSAD ) Jenderal TNI Dudung Abdurachman tuugaskan Brigjen TNI I Nengah Wiraatmaja yang beragama Hindu menjadi memimpin pembangunan Masjid Syarif Abdurahman di Desa Astana Kecamatan Gunungjati, Cirebon, Jawa Barat. 

Jenderal Dudung mengatakan alasan penugasan Brigjen Wiraatmaja merupakan wujud dari kebhinekaan. Ini menjadi salah satu keunikan dalam proses pembangunan masjid. Tak hanya itu, Brigjen Wiraatmaja ternyata punya pengalaman membangun masjid. 

“Kita ambil ilmunya, karena beliau pernah membangun masjid Pak Moeldoko. Dan saya meyakini di Cirebon ini torelansi antar beragamanya sangat baik,” kata Dudung saat meninjau langsung lokasi pembangunan, Kamis, (28/7/2022). 

Sementara itu, pada kesempatan bersama KH Muhammad Mustofa Aqiel Siroj, Dudung menyapa 60 orang pekerja bangunan masjid dan memberikan tali asih sebagai wujud perhatian dan apresiasi atas kerja keras yang mereka lakukan.

Sebelumnya, masjid dengan ukuran bangunan 41 meter kali 41 meter di atas tanah seluas 1.681 meter persegi ini mulai dibangun sejak peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Kasad pada tanggal 24 Mei 2022. 

Sedangkan untuk perkembangan pekerjaan bangunan Masjid Syarif Abdurahman saat ini telah mencapai 47%. Dengan target durasi pekerjaan selama 10 Bulan, diharapkan pada awal tahun 2023 Masjid Syarif Abdurahman sudah dapat operasional. 

Selain Jenderal Dudung, Kapok Sahli Kodam III/Slw, Danrem 063/SGJ, Walikota Cirebon, Dandim 0614, Kapolres dan Kajari Kota Cirebon juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.(nsd/ri)