Zainut Direshuffle Karena Anak Jadi Kader Partai Lain?

Plt. Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono (foto: ant)
Plt. Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono (foto: ant)


Gemapos.ID (Jakarta) Digantinya Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi karena putranya, Najmi Mumtaza Rabbany, bergabung ke Partai Perindo ditepis Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono.

"Enggak ada, kami enggak ada." ucap Mardiono di Jakarta Pusat, Senin (17/7).

Mardiono menyebut itu merupakan hak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebagai pemilik hak prerogratif. Tentu, lanjutnya, presiden mengambil keputusan melalui penelahaan yang luas, tidak semata-mata dari partai.

Selain itu, Mardiono menyatakan reshuffle atau perombakan di jajaran pembantu presiden merupakan suatu hal yang wajar. Dia mengaku juga pernah merasakan hal serupa.

"Itu 'kan soal pergantian itu sudah menjadi kebiasaan," ujar Mardiono.

Zainut merupakan kader PPP. Namun, pada hari Senin (17/7), Zainut resmi digantikan Saiful Rahmat Dasuki sebagai Wamenag. Saiful merupakan kolega Zainut di PPP.

Presiden RI Jokowi melantik Saiful Rahmat Dasuki sebagai Wamenag berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI 32 M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019—2024.

Saiful menegaskan bahwa kerjanya akan searah dengan apa yang diinginkan Presiden Jokowi dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebutkan ada permintaan dari internal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) atas penggantian tersebut.

"Itu ada permintaan dari partai," kata Presiden Jokowi saat ditanya soal penggantian jabatan Wamenag.