Berikut Profil Rafael Stuick Yang Tampil Gemilang vs Palestina

Rafael Struick (ist)
Rafael Struick (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) - Rafael Struick menjadi salah satu pemain yang disorot dalam laga Timnas Indonesia vs Palestina, Rabu (14/6) malam, lantaran kemampuan yang ditampilkan terlihat cukup menjanjikan.

Belum pernah memiliki pengalaman membela Timnas Indonesia senior di ajang resmi, Struick jadi pilihan Shin Tae Yong untuk menjadi starter. Dalam formasi 4-4-2 yang diterapkan, Struick bertandem dengan Dimas Drajad.

Penampilannya hanya bertahan 45 menit sebelum digantikan Dendy Sulistyawan, namun aksinya cukup memberikan kesan.

Struick resmi menjalani debut di Timnas Indonesia pada usia 20 tahun. Setelah menuntaskan proses naturalisasi 22 Mei lalu, tak sampai satu bulan sosok yang berposisi sebagai pemain depan itu mengenakan kostum Merah Putih.

Pemain kelahiran Leidschendam, Belanda, semula diproyeksikan Shin Tae Yong untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20. Setelah Indonesia dipastikan batal tampil di Piala Dunia U-20, proses naturalisasi Struick tetap berjalan.

Shin cukup kesengsem dengan sosok yang bisa memerankan lebih dari satu posisi. Begitu pula dengan Struick yang mampu menjadi pemain sayap kanan dan kiri, serta sebagai ujung tombak seperti yang diperagakan dalam laga melawan Palestina.

Struick mengawali perkenalan dengan sepak bola di tim muda Forum Sport dan berlanjut ke RKAVV Leidschendam. Setelah itu Struick bergabung ke tim junior ADO Den Haag.

Bersama salah satu kesebelasan lawas di Belanda tersebut, Struick menapakai level demi level kelompok umur. Mulai dari U-18, U-21, dan kini di tim senior. Kontraknya bersama tim senior ADO Den Haag baru ditandatangani Juni tahun lalu.

Struick memiliki darah Indonesia dari kedua belah pihak orang tua. Sang ayah Brian Struick adalah warga negara Belanda keturunan Indonesia. Ibu Brian, atau nenek Rafael, yang bernama Eleonora Fredrika Rientsma Struick lahir di Semarang. Sementara ibunda Struick, Soraya Noraly Soedito, memiliki darah keturunan Suriname dan Jawa.

Struick pernah tampil membela Timnas Indonesia U-20 ketika belum dinaturalisasi. Dalam laga uji tanding tak resmi, Struick mencetak gol ketika skuad Garuda Muda kalah 1-2 dari Slovakia.(da)