Begini Pesan Reva Adi Utama, Sang Penolong Ricky Ariansyah

Reva Adi Utama (ist)
Reva Adi Utama (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pemain Madura United, Reva Adi Utama mengirimkan pesan usai insiden yang sempat membuat rekan setimnya, Ricki Ariansyah tak sadarkan diri dalam laga lawan PSIS Semarang.

Menurut Reva, insiden yang dialami oleh Ricki jadi pembelajaran bagi semua orang yang terlibat di dunia sepak bola. Dalam pandangan Reva, ada hal-hal yang lebih patut diperhatikan di luar hasil akhir pertandingan.

"Kemarin tanggal 7-maret-2023 pertandingan antara PSIS Semarang vs Madura United adalah pertandingan yang menjadi pembelajaran yang sangat berharga bagi kita semua, kita semua menang, bukan menang karena hasil pertandingan."
"Kita menang karena kita bisa melewati situasi kritis dalam menyangkut nyawa pemain, kita menang menyelamatkan seorang bapak, seorang suami, seorang tulang punggung keluarga, seorang yang di tunggu pulang ke rumahnya dengan keadaan baik dan sehat," ucap Reva lewat akun instagram miliknya.

Setelah kejadian itu, Reva Adi berharap pembekalan pada petugas yang bertanggung jawab pada keselamatan pemain di lapangan harus benar-benar diperhatikan. SelainDalam situasi kritis, tiap waktu tentu sangat berharga.

"Situasi kemarin bisa saja terjadi kembali karena olahraga sepakbola adalah olahraga yang kontak badan dan keras, itu normal. Tapi yang sangat penting orang di luar lapangan harus mempunyai pengalaman yang mumpuni dalam hal medis, dan pastinya juga alat-alat penunjung medis dalam situasi kritis."

"Sepak bola Indonesia harus menjadi lebih baik dari segala aspek di dalamnya, saya percaya kita bisa , asalkan kita betul-betul mau. Yang baik kita tingkatkan, yang kurang baik kita perbaiki sama-sama," tutur Reva Adi.

Ricki mengalami kolaps di kotak penalti PSIS setelah mencetak gol kedua Madura United. Ricki mendapat benturan dan kemudian terjatuh dengan posisi kepala menghantam lapangan. Reva Adi termasuk jadi pemain yang langsung menyadari kondisi darurat tersebut dan memberikan pertolongan pertama.

Beberapa jam kemudian, Ricki sudah siuman. Pemain PSIS yang berbenturan dengan Ricky, Farrel Arya juga sudah berkunjung ke rumah sakit untuk menyampaikan permohonan maaf atas insiden yang disebabkan oleh ketidaksengajaan tersebut.