World Beach Games 2023 Digelar di Bali Agustus, Diikuti Atlet Israel

World Beach Games 2023 (ist)
World Beach Games 2023 (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Atlet-atlet dari Israel dipastikan akan berpartisipasi pada ajang ANOC World Beach Games 2023 di Bali, 5-12 Agustus mendatang.

Hal itu diketahui dari hasil di babak kualifikasi seperti cabang olahraga renang perairan terbuka dan basket 3x3. Atlet yang mewakili Israel berhasil melangkah dari babak kualifikasi ke ajang World Beach Games 2023.

Di cabor renang perairan terbuka, atlet Israel telah dinyatakan lolos sejak Juli 2022 lalu. Wakil Israel lolos bersama 35 atlet dari negara lain.

Begitu pula di cabor basket 3x3, wakil Israel masuk daftar tim yang lolos bersama 14 negara lain termasuk Indonesia yang jadi tuan rumah mengacu data 4 November 2022.

Partisipasi atlet Israel di WBG 2023 tak pelak menyita perhatian. Ini lantaran Gubernur Bali I Wayan Koster menolak wilayahnya menjadi lokasi pertandingan timnas Israel bertanding di Piala Dunia U-20 2023.

 

Penolakan terhadap timnas Israel itu membuat FIFA membatalkan drawing Piala Dunia U-20. Setelah itu, induk organisasi sepak bola tertinggi di dunia itu mencabut status tuan rumah Indonesia pada 29 Maret lalu.

Dalam pernyataannya Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari memastikan World Beach Games 2023 masih tetap berlangsung di Bali.

"Sampai hari ini belum ada pembatalan. Dalam jiwa sportivitas olahraga itu kita akan main sampai akhir. Kita akan bertanding sampai ada hasilnya, bukan kalah sebelumnya bertanding," kata Raja Sapta pada Rabu (29/3).

"Semua persiapan kita lakukan, sejalan dengan semua pihak. Sampai hari ini, barusan sebelum jumpa pers saya masih memimpin rapat persiapan ANOC World Beach Games. Sejauh ini belum ada kendala," sambung pria yang akrab disapa Okto itu.