Lolos sejak Tahun Lalu, Kini Ditolak, Berikut Daftar Atlet Israel di World Beach Games 2023

Daftar Atlet Israel di World Beach Games 2023 (ist)
Daftar Atlet Israel di World Beach Games 2023 (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Sejumlah atlet Israel akan bersaing menjadi yang terbaik dalam ajang ANOC World Beach Games 2023 di Bali, 5-12 Agustus 2023.

Jalur kualifikasi World Beach Games 2023 belum sepenuhnya rampung. Kendati demikian sudah terdapat atlet-atlet yang lolos dari jalur kualifikasi untuk bertanding di Pulau Dewata.

Dari cabang open water swimming, atlet Israel telah dinyatakan lolos sejak Juni 2022. Wakil Israel lolos bersama 35 atlet dari negara lain.

Israel meloloskan satu wakilnya dari cabor open water swimming women's 5 kilometer. Wakil yang lolos itu adalah perenang berdarah Amerika Serikat, Eva Fabian.

Eva lolos setelah menempati posisi ke-17 dalam ajang FINA World Championship 2022 di Budapest, Hungaria. Ia mengukir catatan waktu 1 jam 54,4 detik.

Eva berada di belakang Reka Rohacs (Hungaria) dan Nip Tsz Yin (Hong Kong) yang finis lebih dulu. Sedangkan juara diraih perenang Brasil, Ana Marcela Cunha dengan torehan waktu 57 menit 52,9 detik.

Begitu pula di cabor basket 3x3, wakil Israel masuk daftar tim yang lolos bersama 14 negara lain termasuk Indonesia yang jadi tuan rumah mengacu data 4 November 2022.

Jumlah atlet Israel yang berlaga berpeluang bertambah, karena masih banyak kualifikasi cabang olahraga yang yang digelar hingga World Beach Games 2023 digelar Agustus mendatang.

Partisipasi atlet Israel di World Beach Games 2023 tak pelak menyita perhatian. Ini lantaran Gubernur Bali I Wayan Koster menolak wilayahnya menjadi lokasi pertandingan timnas Israel bertanding di Piala Dunia U-20 2023.

Penolakan terhadap timnas Israel itu membuat FIFA membatalkan drawing Piala Dunia U-20. Setelah itu, induk organisasi sepak bola tertinggi di dunia itu mencabut status tuan rumah Indonesia pada 29 Maret lalu.

Terkait gelaran World Beach Games 2023, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana mengatakan masih menunggu arahan dari pemerintah soal partisipasi atlet Israel di kejuaraan multicabang olahraga pantai tersebut.

"Itu menunggu arahan dari pusat. Pengalaman yang sekarang menjadi pelajaran penting. Menunggu arahan dari pusat. Iya dari Presiden," kata Cok Ace, saat ditemui di Kantor DPRD Bali, Senin (3/4).