Jokowi Akui Belum Terima Laporan Penolakan World Beach Games di Bali

Jokowi Akui Belum Terima Laporan Penolakan World Beach Games di Bali (ist)
Jokowi Akui Belum Terima Laporan Penolakan World Beach Games di Bali (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku belum mendapatkan laporan terkait respon yang diambil kepala daerah terkait dengan penolakan pergelaran Association of National Olympic Committees (ANOC) World Beach Games 2023 lantaran hadirnya kontingan Israel di dalamnya.

“Saya belum dapat laporan ya, saya belum dapat laporan,” ujarnya kepada wartawan di Kawasan Daulat Pangan Serikat Petani Indonesia di Desa Senori, Kecamatan Merakurak, Kamis (6/4/2023).

Sebelumnya, Gubernur Bali Wayan Koster memastikan siap untuk membatalkan pergelaran Association of National Olympic Committees (ANOC) World Beach Games 2023 pada Agustus mendatang sebagai bentuk penolakan kehadiran kontingen Israel.

Wayan menyatakan dirinya tetap bersandar kepada kontitusi yang masih berlaku di Indonesia. Oleh karena itu, dirinya tetap menolak kedatangan kontingen Israel yang akan hadir di ANOC World Beach Games yang dijadwalkan berlangsung 5-12 Agustus 2023 di Bali.

Menurutnya, saat ini sikapnya berpatokan pada konstitusi dan juga Permenlu No 3 tahun 2019 tentang Panduan Umum Hubungan Luar Negeri Oleh Pemerintah Daerah yang melarang untuk mengibarkan bendera dan lagu kebangsaan Israel sebagai satu entitas di Indonesia.

“Jadi saya tetap menolak kehadiran Israel di Bali, termasuk di ANOC World Beach Games mendatang," tegasnya melalui rilisnya, Rabu (5/3/2023).(da)