Timnas Sepakbola Putri Resmi Mundur Dari SEA Games 2023, Fokus ke Olimpiade 2024

Timnas Sepakbola Putri Indonesia (ist)
Timnas Sepakbola Putri Indonesia (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) Timnas sepak bola putri Indonesia dikabarkan mundur dari  SEA Games 2023 selang beberapa jam usai pengundian grup berlangsung di Phnom Penh, Kamboja, pada Rabu, 5 April 2023. Srikandi Tanah Air tergabung di Grup A bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Malaysia. Sedangkan Grup B dihuni tuan rumah Kamboja, Thailand, Singapura, dan Laos.

Saat ini, timnas putri Indonesia akan menjalani pertandingan babak pertama kualifikasi Olimpiade Paris 2024 zona Asia. Pelatih Rudy Eka pun telah mengumumkan 22 nama pemain yang masuk ke dalam skuad.

"Ada 22 pemain yang kami bawa untuk memperkuat skuad timnas pada laga nanti. Kami (telah) melakukan penilaian terhadap adaptasi dan kesiapan mereka selama melakukan TC (pemusatan latihan) sehingga mereka siap dalam menghadapi laga nanti," ujarnya dikutip dari keterangan resmi PSSI.

Sebelumnya terdapat 26 pemain timnas putri Indonesia yang sudah menjalani TC di Jakarta selama beberapa hari. Mereka juga baru saja menggelar laga uji coba melawan tim putri DKI Jakarta untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) di Lapangan C Senayan, Jakarta, Senin, 3 April 2023.

Di Kualifikasi Olimpiade Paris 2024, skuad Garuda Pertiwi berada di Grup F bersama Taiwan dan Lebanon. Pertandingan babak pertama nanti akan berlangsung di Lebanon.

Anak asuh Rudy Eka akan lebih dulu menghadapi tuan rumah Lebanon pada 8 April, sebelum melawan Taiwan pada 11 April 2023. Tim yang berhasil menjadi juara grup berhak melaju ke babak kualifikasi kedua.

Timnas putri Indonesia pun sudah tiba di Lebanon pada Kamis, 6 April 2023. "Timnas wanita Indonesia telah tiba di Bandar Udara Internasional Rafik Hariri, Lebanon, dan siap menuju gelaran babak pertama kualifikasi Olimpiade Paris 2024," tulis PSSI dalam unggahan di Instagram resminya.

Perihal SEA Games 2023, hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari PSSI maupun ASBWI selaku asosiasi yang menaungi sepak bola wanita di Indonesia. Ajang dua tahunan tersebut akan digelar pada 5-17 Mei 2023, tetapi khusus cabang sepak bola dimulai pada 29 April 2023.