Bertemu PM Singapura, Jokowi Minta Dukungan Pembangunan PLTS di IKN

Tangkapan Layar - Presiden Joko Widdodo menerima kunjungan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Senin (29/4/2024). (gemapos/youtube Sekretariat Presiden)
Tangkapan Layar - Presiden Joko Widdodo menerima kunjungan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Senin (29/4/2024). (gemapos/youtube Sekretariat Presiden)

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta dukungan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Ibu Kota Nusantara (IKN) kepada Singapura. Jokowi juga mengapresiasi antusiasme 29 perusahaan dari Singapura yang menanam investasi di IKN.

Hal itu disampaikan Jokowi usai melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Senin (29/4/2024). Jokowi juga mengatakan bahwa Indonesia mendukung ekspor listrik ke Singapura.

"Saya juga mengapresiasi antusiasme 29 perusahaan Singapura dalam investasi di IKN dan saya mengharap dukungan pembangunan PLTS di IKN Nusantara. Rencana ekspor listrik ke Singapura terus didorong termasuk investasi industri hijau pendukung," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi dan PM Lee juga membahas terkait ketahanan pangan. Keduanya sepakat mendorong kerjasama transfer teknologi dan pertukaran IPTEK pengolahan pangan.

"Dan untuk kerja sama produk halal Indonesia mengundang Singapura untuk menjadi pengembang tiga kawasan industri halal yaitu di Bintan, di Serang, dan di Sidoarjo," ujarnya.

Keduanya juga membahas kerja sama penguatan transformasi kesehatan melalui pembangunan rumah sakit dan klinik. Kemudian pengembangan kapasitas tenaga medis digitalisasi kesehatan dan pengembangan KEK kesehatan di Bali.

"Terkait pendidikan Indonesia telah menyampaikan pentingnya reaktivasi kelompok kerja bersama dan saya juga mengundang Singapura untuk hadir di World Water Forum ke 10 di Bali," ujarnya.

Dalam pertemuan ini, PM Lee didampingi Wakil PM Singapura Lawrence Wong yang menjadi calon PM Singapura. Serta sejumlah delegasi Singapura lainnya.

Sementara, dari Indonesia sejumlah menteri turut hadir yakni Menhan Prabowo Subianto, Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan, Menlu Retno Marsudi, Mendikbudristek Nadiem Makarim, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kertasasmita, Menkumham Yasonna Laoly, Menhub Budi Karya Sumadi. (ns)