Jokowi: Investor Lokal di IKN Jadi Lokomotif Pemicu Investasi Lain

Tangkapan layar Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan pada acara ground breaking atau peletakan batu pertama pembangunan Hotel Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (21/9/2023). (foto:gemapos/ant)
Tangkapan layar Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan pada acara ground breaking atau peletakan batu pertama pembangunan Hotel Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (21/9/2023). (foto:gemapos/ant)


Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden Joko Widodo mengatakan keberadaan investor lokal di Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi lokomotif yang akan memicu munculnya investasi-investasi besar lain di kawasan itu.

"Inilah yang nanti akan membawa, lokomotif pada hari ini, akan membawa gerbong di belakangnya, akan banyak (investasi) masuk ke Nusantara. Saya yakin itu," kata Jokowi dalam peletakan batu pertama Hotel Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (21/9/2023), sebagaimana disaksikan melalui video tayangan langsung dari Jakarta.

Dia menyampaikan beberapa bulan lalu sejumlah investor antara lain 30 investor dari Korea, 40 dari Jepang, dan 120 dari Singapura, telah datang meninjau IKN.

Menurut Jokowi kedatangan para investor itu jauh-jauh dari negara asalnya pasti sudah melalui kalkulasi matang.

"Kemarin juga baru saja dari Uni Emirat Arab juga datang. Setelah datang langsung menemui saya. Artinya apa, tertarik," ucap dia.

Meskipun demikian Jokowi menegaskan dirinya memprioritaskan terlebih dahulu investor dari dalam negeri.

"Investor di dalam negeri harus didahulukan, kalau ndak pasti nanti saya dikomplain. 'Pak di dalam negeri ini yang punya duit banyak pak, ngapain cari ke Singapura, ke Malaysia, ke Korea, ke Jepang, ke Uni Emirat Arab, di sini banyak yang punya duit pak', pasti ada yang berbicara seperti itu," tuturnya.

Jokowi menekankan bahwa pemerintah sudah menawarkan investasi berulang kali ke pengusaha lokal saat melakukan tes pasar.

Dia pun berterima kasih karena saat ini sudah ada investor dalam negeri yang akan membangun Hotel Nusantara.

Jokowi mengatakan kehadiran investor lokal di IKN adalah bukti bahwa IKN sangat menjanjikan.

"Nggak mungkin beliau-beliau ini mau mulai dengan Rp20 triliun kalau ndak ada cuan-nya. Dipikir beliau-beliau ini adalah lembaga sosial? Bukan. Datang menanamkan modalnya pasti akan mencari keuntungan sebesar-besarnya dan itu wajar," ujarnya.

Jokowi mengatakan kehadiran investor lokal juga memberikan kenyamanan dan keyakinan serta rasa percaya diri bahwa Ibu Kota Nusantara sangat diminati oleh investor.

Pada kesempatan itu pun Presiden meresmikan ground breaking pembangunan Hotel Nusantara di IKN.

"Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada sore hari ini ground breaking Hotel Nusantara bintang 5 secara resmi dimulai," kata dia. (aj)