Sah! Presiden Jokowi Lantik Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI

Pada saat presiden Jokowi mendiktekan sumpah jabatan kepada Jenderal Agus Subiyanto yang dilantik, pada Rabu (22/11). (foto: gemapos/x;@setkabgoid)
Pada saat presiden Jokowi mendiktekan sumpah jabatan kepada Jenderal Agus Subiyanto yang dilantik, pada Rabu (22/11). (foto: gemapos/x;@setkabgoid)

Gemapos.ID (Jakarta)- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (22/11/2023).

Jenderal Agus Subiyanto menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang memasuki masa pensiun pada 26 November 2023. Sebelum dilantik menjadi Panglima TNI, Agus menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) sejak akhir Oktober lalu.

Adapun pelantikan Agus dilakukan dengan berlandaskan pada Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 102/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia. Keppres tersebut ditetapkan di Jakarta pada 22 November 2023.

"Saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan penuh dengan rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” kata presiden mendiktekan sumpah jabatan kepada Jenderal Agus yang dilantik.

Sebagai informasi, Agus Subiyanto merupakan perwira tinggi TNI Angkatan Darat lulusan Akademi Angkatan Militer (Akmil) tahun 1991. Pria kelahiran Cimahi, 5 Agustus 1967 tersebut,  sempat mengisi posisi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat sebelum menjabat KSAD.

Sementara itu, Presiden Jokowi dalam pelantikan tersebut didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md. dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Keduanya menjadi saksi penandatangan berita acara.

Selain itu, turut hadir pula Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Sumfi Dasco dan Rahmat Gobel, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hingga Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi turut melantik Dewan Pimpinan Pusat dan Pertimbangan Pusat Legiun Veteran di Istana Negara pada Rabu.(ap)