Panglima TNI Mutasi 105 Perwira Tinggi, Posisi Wakil KSAD Tak Lagi Kosong

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (foto: gemapos/ antara)
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (foto: gemapos/ antara)

Gemapos.ID (Jakarta)- Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melakukan mutasi terhadap 105 perwira tinggi di lingkungan TNI. Dalam mutasi kali ini ada sejumlah jabatan strategis berganti.

Adapun mutasi tersebut tertuang dalam SK Panglima TNI Nomor Kep/1286/XI/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang diteken pada Kamis (9/11).

Dalam SK itu, Panglima Yudo menunjuk Letjen Arif Rahman yang sebelumnya menjabat sebagai Dankodiklatad kini menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang sempat kosong.

Sebagai informasi, posisi Wakil KSAD sebelumnya kosong usai ditinggal Jenderal Agus Subiyanto yang promosi menjadi KSAD.

Kemudian, Panglima TNI juga menunjuk Letjen I Nyoman Cantiasa yang sebelumnya menajabat sebagai Koorsahli KSAD kini menjadi Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Sedangkan, Jabatan lama Nyoman yakni Koorsahli KSAD kini diemban oleh Mayjen Sonny Aprianto yang sebelumnya merupakan Asintel Panglima TNI. Sementara jabatan Asintel Panglima TNI yang ditinggal Sonny, kini dijabat Mayjen Djaka Budhi Utama.

Lalu, Letjen Alfret Denny dimutasi dari Irjenad menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun. Mayjen Hilman Hadi yang sebelumnya merupakan Staf Khusus KSAD ditunjuk menjadi Irjenad.

Selanjutnya, Laksda Budi Purwanto ditunjuk menjadi Danpushidrosal menggantikan Laksdya Nurhidayat yang dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AL dalam rangka pensiun. Budi sebelumnya adalah Wadan Pushidrosal.

Laksda Edwin dimutasi dari Pangkolinlamil menjadi Asrena KSAL. Laksma Hudiarto yang sebelumnya adalah Waasrena KSAL kemudian ditunjuk menjadi Pangkolinlamil.

Selain itu, Marsma Mohammad Nurdin ditunjuk ditunjuk menjadi Pangkoopsud I menggantikan Marsda Bambang Gunarto. Nurdin sebelumnya adalah Danlanud Roesmin Nurjadin, sementara Bambang dimutasi menjadi Wadan Kodiklatau.

Lalu Marsma Ramot Christian Parlindungan Sinaga dimutasi dari Danpusdik Kodiklatau menjadi Danlanud Sam Ratulangi. Jabatan lamanya kini diemban Marsma Muhammad Mujib yang sebelumnya adalah Danlanud Sam Ratulangi.

Selain itu, ada pula mantan ajudan Presiden Jokowi yang menjadi Staf Khusus Kasad, Rudy Saladin, kini diangkat menjadi Sekretaris Militer Kemensetneg.

Adapun mantan ajudan Jokowi yang lain, Hersan, yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Militer Kemensetneg, dirotasi menjadi Pangkoarmada III.(pa)