Mutasi Pati TNI, Letjen Bambang Ismawan Kini Bertukar Posisi dengan Eko Margiyono

Letnan Jenderal (Letjen) Bambang Ismawan merupakan salah satu perwira tinggi TNI AD
Letnan Jenderal (Letjen) Bambang Ismawan merupakan salah satu perwira tinggi TNI AD

Gemapos.ID (Jakarta) - Seperti yang diketahui, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melakukan mutasi besar-besaran di tubuh TNI. Total sebanyak 223 perwira dari tiga matra dirotasi dan harus pindah meninggalkan jabatan lamanya. 

Letjen TNI Bambang Ismawan adalah salah satu yang juga dimutasi oleh Panglima TNI. Jenderal Bintang Tiga itu meninggalkan jabatan Komandan Kodiklat TNI yang diemban sejak 29 Desember 2021 karena kini ia ditunjuk menjadi Kepala Staf Umum TNI (Kasum TNI). 

Diketahui, Bambang Ismawan bertukar posisi dengan Letjen TNI Eko Margiyono yang dipindah menjadi Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI (Dankodiklat). 

Tak hanya Bambang, Laksamana Muda (Laksda) Irvansyah juga termasuk yang dimutasi. Ia ditunjuk ebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, dan meninggalkan jabatannya sebagai Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III. 

Kemudian, Irvansyah diketahui menggantikan posisi Laksamana Muhammad Ali yang naik menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL).

Sementara itu, posisi Irvansyah sebagai Pangkoarmada III digantikan Laksda Agus Hariadi yang sebelumnya menjabat Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil). 

Sebagai informasi, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melakukan mutasi 223 perwira TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU).

Mutasi itu tertuang dalam keputusan Panglima TNI Nomor Kep/48/I/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI tertanggal 16 Januari 2023.(ar)