Panglima TNI Tunjuk Letjen I Nyoman Cantiasa Jadi Wakil Kepala BIN

Letjen I Nyoman Cantiasa (foto: gemapos/tniad)
Letjen I Nyoman Cantiasa (foto: gemapos/tniad)

Gemapos.ID (Jakarta)- Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menunjuk Letnan Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa menjadi Wakil Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) menggantikan Letjen TNI (purn) Teddy Lhaksmana Widya Kusuma.

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/1286/XI/2023 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang diteken pada Kamis (9/11).

Sebagai informasi, dalam salinan surat tersebut, tercantum nama 105 Perwira Tinggi (Pati) TNI yang dilakukan mutasi dan promosi jabatan.

Adapun sejumlah nama yang 'mencolok' di antaranya, Letjen Arif Rahman yang sebelumnya menjabat sebagai Dankodiklatad menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Posisi Wakil KSAD sebelumnya kosong usai ditinggal Jenderal Agus Subiyanto yang promosi menjadi KSAD.

Kemudian, mantan ajudan Presiden Jokowi yang menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Rudy Saladin, kini diangkat menjadi Sekretaris Militer Kemensetneg.

Pun mantan ajudan Jokowi yang lain, Laksda TNI Hersan, yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Militer Kemensetneg, dirotasi menjadi Pangkoarmada III.

Sementara itu, salinan keputusan surat tertanda Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan yang diteken oleh Kepala Setum TNI Brigadir Jenderal Edy Rochmatullah itu juga telah disampaikan kepada sejumlah pihak, di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepala BIN, Gubernur Lemhanas, Kepala BSSN, dan sebagainya.(ra)