Presiden Jokowi Tiba Di Tanah Air Usai Kunjungan Kerja di Jepang

Presiden Jokowi tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (19/12/2023) dini hari, sekitar pukul 01.10 WIB. (gemapos/Sekretariat Kabinet RI)
Presiden Jokowi tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (19/12/2023) dini hari, sekitar pukul 01.10 WIB. (gemapos/Sekretariat Kabinet RI)

Gemapos.ID (Jakarta) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di tanah air setelah melakukan kunjungan kerja ke Jepang selama tiga hari. Menempuh perjalanan selama kurang lebih tujuh jam dari Tokyo, Jepang, akhirnya Presiden RI tersebut mendarat di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (19/12/2023) dini hari sekitar 01.10 WIB.

Diketahui bahwa Presiden bersama rombangan lepas landas dari Bandara Internasional Haneda, Tokyo pada Senin (18/12/2023) sekitar pukul 19.30 waktu setempat atau 17.30 WIB. Adapaun Sekretaris Kabinet Pramono Anung turut mendampingin Presiden dalam penerbangan menuju Jakarta.

Sementara itu pihak yang ikut menyambut kedatangan Presiden yakni Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Sebagai informasi, dalam kunjungannya ke Jepang, Presieden Jokowi menyampaikan pandangannya dalam beberapa forum kegiatan. Pada konferensi Tingkat Tinggi (KTT) perayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan dan Kerja sama ASEAN-Jepang, Presiden Jokowi sampaikan bahwa ASEAN dan Jepang telah menyepakati sejumlah visi bersama dan rencana implementasi kemitraan ke depan.

ASEAN dan Jepang telah sepakat untuk meningkatkan kerja sama pada sejumlah bidang meliputi ekonomi, pendidikan hingga pada ketahanan pangan dan energi.

“Penguatan ketahanan pangan dan energi melalui kerja sama teknologgi pertanian, mendorong investasi dan alih teknologi, percepatan transformasi digital melalui upaya upskilling dan reskilling SDM, serta peningkatan konektivitas digital, khususnya bagi UMKM,” ujar Presiden Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers dalam kunjungan kerjanya di Jepang.

Selain itu, sebagai mitra dalam perdamaian dan stabilitas,ASEAN dan Jepang terus berkomitmen menjaga perdamaian melalui kolaborasi yang inklusif, penghormatan aturan hukum internasional dan penguatan sentralitas ASEAN. Jokowi yakin bahwa kemitraan ASEAN dan Jepang akan terus berkontribusi dalam menjaga stabilitas dan perdamaian kawasan. (kt)