Kepanikan Pejabat Lampung Menjelang Kedatangan Presiden Jokowi

Gubernur Arinal Junaidi dan Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad sibuk atas rencana kedatangan Presiden ini (Foto: Twiteer @PartaiSocmed)
Gubernur Arinal Junaidi dan Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad sibuk atas rencana kedatangan Presiden ini (Foto: Twiteer @PartaiSocmed)

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung pada tanggal 3 Mei mendatang. Dalam kunjungan ini, Presiden rencananya akan meninjau beberapa jalan yang dibiayai oleh APBN. Namun, rute perjalanan Presiden rencananya akan melewati jalan jelek yang sempat viral di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah.

Kabar mengenai kunjungan Presiden ini disampaikan melalui cuitan akun Twitter @partaisocmed. Dalam cuitannya, disebutkan bahwa saat ini sedang terjadi kepanikan untuk mengatasi jalan yang rusak tersebut. Gubernur Lampung Arinal Junaidi dan Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad pun dibuat sibuk atas rencana kedatangan Presiden ini.

"Gubernur Arinal Junaidi dan Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad pun dibuat sibuk atas rencana kedatangan Presiden ini", tulis akun @partaisocmed.

Selain mengunjungi Kabupaten Lampung Tengah, Presiden Joko Widodo rencananya juga akan melanjutkan perjalanannya ke Kabupaten Lampung Selatan. Dalam kunjungan kali ini, Presiden akan melakukan perjalanan darat menggunakan mobil dan motor.

Rencana kunjungan Presiden Jokowi ke Lampung Tengah kali ini menjadi sorotan publik karena Provinsi Lampung belakangan ini banyak diterpa berbagai macam kasus yang menarik perhatian publik, mulai dari masalah pembangunan infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan banyaknya pejabat Lampung yang pamer kemewahan.

Rencana kunjungan Presiden menggunakan perjalanan darat diharapkan dapat melihat secara langsung kondisi wilayah tersebut dan bisa memahami secara langsung banyaknya kritikan dari masyarakat yang belakangan sangat senter terdengar di berbagai media sosial.

Persiapan Provinsi Lampung  Menyambut Kunjungan Presiden

Dalam rangka kunjungan kerja Presiden RI ke Provinsi Lampung, pada tanggal 3 Mei 2023, beberapa persiapan telah dilakukan oleh pihak terkait. Rapat koordinasi yang dipimpin oleh Gubernur Lampung dihadiri oleh Kapolda Lampung, Danrem 043 Lampung, PJU Polda Lampung, PJU Korem 043 Lampung, dan Kepala Dinas Provinsi Lampung, membahas persiapan-persiapan yang dibutuhkan untuk kunjungan kerja tersebut.

Rencananya, RI 1 akan berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma pada pukul 08.00 WIB menuju Bandara Radin Intan Lampung. Setelah itu, RI 1 akan menuju pasar Natar untuk memberikan bantuan tunai dan membagi sembako kepada masyarakat sekitar. Dilanjutkan dengan mengecek jalan yang ditanggung oleh APBN di Seputih Surabaya Lampung Tengah dan Lampung Selatan.

Untuk memastikan keamanan dan kelancaran dalam perjalanan tersebut, pihak Dirlantas Polda Lampung telah melakukan rapat internal. Dalam rapat tersebut, dipimpin oleh Gubernur Lampung, persiapan-persiapan yang dibutuhkan oleh RI 1 dimatangkan dan disiapkan. Rute yang akan dilalui RI 1 juga sudah dipetakan, mulai dari Bandara Radin Intan, pasar Natar, tol Tigineneng, keluar exit Metro menuju kecamatan Rumbia Lampung Tengah di lokasi jalan jelek yang viral.

Ditlantas Polda Lampung memplot personel di perempatan yang akan dilalui oleh RI 1, mulai dari Bandara Radin Intan, pasar Natar, tol Tigineneng, keluar tol Trimurjo Lamteng, Metro, Lampung Timur sampai kecamatan Seputih Surabaya Lampung Tengah jalan Raycudu Itera. Geladi pengawalan juga telah dilakukan pada hari Selasa, tanggal 2 Mei 2023.(da)