Berikut Bahaya Menggunakan Sendal Jepit Saat Berkendara Motor

bahaya berkendara motor menggunakan sendal jepit (ist)
bahaya berkendara motor menggunakan sendal jepit (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pengendara motor perlu menggunakan perlengkapan berkendara yang aman, mulai dari helm untuk perlindungan kepala hingga sepatu untuk perlindungan pada kaki.

Sebaliknya, jika hanya menggunakan sandal jepit justru akan menimbulkan risiko atau bahaya terlebih jika berkendara jarak jauh. Lantas apa saja efek atau bahaya menggunakan sandal jepit mengendarai motor?

1. Kaki bisa terluka

Memakai sandal jepit saat mengendarai motor, ini berarti Anda siap membiarkan bagian kaki terkena masalah jika selama perjalanan berkendara terjadi kecelakaan. Sebab kaki tidak mendapat perlindungan yang layak sehingga bersentuhan langsung dengan aspal, api, cairan bensin, hingga benda lain.

Dalam kasus tertentu pengendara motor bisa saja menabrak mobil saat diperjalanan, kemudian kaki mereka berisiko terkena bumper mobil. Selain menimbulkan luka dan memar, kaki yang hanya memakai sandal ini bisa hancur bahkan patah karena tidak ada pelindung saat terjadi benturan keras.



2. Kulit kaki jadi belang

Bahaya menggunakan sandal jepit mengendarai motor dapat merusak lapisan epidermis kulit kaki bagian atas, karena langsung terkena sengatan sinar matahari. Apabila dibiarkan terlalu lama kulit kaki jadi berubah warna, belang, kering, keriput, hingga muncul bercak-bercak hitam.

Terutama jika Anda sering mengendarai motor di siang hari dan hanya memakai sandal, maka kulit kaki bisa terbakar dan efek sunburn ini membuat kulit melepuh hingga perih.

Kulit yang menggelap akibat sengatan matahari, merupakan efek jangka pendek dari paparan sinar UV dan berpotensi mengembangkan bibit penyakit kanker kulit.

3. Berisiko terpeleset

Alas sandal jepit rata-rata cukup tipis sehingga sangat licin meski tidak sedang digunakan di area basah. Menggunakan sandal jepit saat mengendarai motor meningkatkan risiko terpeleset dan cedera serius.

Bagi pengendara motor manual, kaki Anda punya peranan lebih banyak karena harus mengendalikan rem belakang hingga persneling gigi. Apabila alas kakinya hanya sandal, saat mengoperasikan motor jadi rentan terpeleset atau tergelincir yang membuat kaki terluka sampai terkilir.

Perlengkapan Mengendarai Motor dengan Aman
Sudah sewajibnya setiap pengendara motor menggunakan perlengkapan yang memadai selama berkendara, karena keselamatan diri Anda adalah hal utama.

Berikut ini ada beberapa perlengkapan yang harus digunakan setiap kali mengendarai motor agar terhindar dari bahaya.


Helm untuk melindungi kepala hingga area wajah.

Sarung tangan untuk melindungi kulit hingga jari-jari.

Baju dan celana panjang supaya tidak mudah terkena sinar matahari langsung.

Menggunakan sepatu khusus mengendarai motor seperti sepatu bot, karena dirancang khusus dengan material bahan tebal untuk melindungi kaki.

Memakai jenis sepatu dirt atau cross, apabila Anda mengendarai motor di lintasan off-road atau terabasan. Sepatu ini memiliki komponen kokoh dan bisa melindungi hingga pergelangan kaki.(da)