Pemudik Sepeda Motor Disarankan Lewat Pelabuhan Ciwandan, Kenapa?

Mudik jalur Ciwandan (ist)
Mudik jalur Ciwandan (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pemudik yang menggunakan sepeda motor disarankan untuk melewati jalur kota saat akan menuju Pelabuhan Ciwandan.

Pihak kepolisian menyarankan agar para pemudik yang mengendarai sepeda motor untuk melewati jalan di dalam Kota Cilegon saat akan ke Pelabuhan Ciwandan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Untoro. Dijelaskan Eko, berdasarkan hasil rapat, demi kenyamanan dan keamanan pemudik disarankan untuk melewati jalur kota.

“Kami menyarankan kendaraan roda dua lewat kota, jadi dari PCI (Pondok Cilegon Indah) lurus terus landmark depan Polres, terus masuk SPJ dan terus ke Pelindo II,” ujar Eko usai rapat persiapan arus mudik di aula Mapolres Cilegon, Kamis, 6 April 2023.

Dijelaskan Eko, jarak tempuh melewati jalur kota memang lebih jauh dibandingkan melalui Jalan Lingkar Selatan (JLS).

Jarak tempuh melalui jalur dalam kota ke Pelabuhan Ciwandan sekira 24 kilometer, Sedangkan melalui JLS sejauh 18 kilometer.

Namun, hal itu disarankan agar para pemudik yang menggunakan sepeda motor tidak satu jalur dengan kendaraan roda enam ke atas.  

“Kita lihat kepadatan dan bahayanya pengendara roda dua jika digabungkan dengan roda enam ke atas,” paparnya.

Menurut Eko, pihak kepolisian dengan Pemkot Cilegon akan melakukan pengecekan bersama untuk melaksanakan survei lapangan guna memastikan kondisi jalan.