Motor Mudik ke Sumatera via Ciwandan, Yuk Cek Tarif dan Cara Beli Tiketnya

pelabuhan ciwandan (ist)
pelabuhan ciwandan (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pemudik dengan sepeda motor diarahkan ke Pelabuhan Ciwandan, Banten, sebagai pusat penyeberangan ke Pulau Sumatera. Anda yang berminat dapat membeli tiket secara online, berikut caranya.

Pembelian tiket online dapat dilakukan melalui aplikasi Ferizy yang bisa diunduh melalui Play Store buat gadget Android. Anda perlu memahami jika kini calon penumpang tak bisa lagi membeli tiket di loket pelabuhan.

Berdasarkan penelusuran ada dua tujuan dari Pelabuhan Ciwandan, yaitu Pelabuhan Bakauheni dan Panjang di Lampung. Kelas layanan untuk keduanya hanya ada satu yakni reguler.

Sebelum bisa memesan tiket, Anda perlu memasukkan berbagai data termasuk jenis kendaraan yang digunakan. Pada kolom kendaraan hanya tersedia pilihan sepeda kayuh, motor dan kendaraan barang yang terbagi menjadi berbagai golongan.

Setelah pilih motor, misalnya Golongan II yaitu motor di bawah 500 cc, maka Anda diarahkan menentukan jadwal tanggal dan jam masuk Pelabuhan Ciwandan. Ada baiknya Anda cepat menentukan jadwal sebelum kuota habis seperti terlihat di berbagai tanggal keberangkatan

Satu penumpang dewasa yang membawa satu motor di bawah 500 cc dikenai biaya Rp58.550. Jika motor Anda di atas 500 cc (Golongan III) biayanya menjadi Rp126.350.

Untuk melakukan pembayaran Anda perlu membuat akun Ferizy. Anda bisa mengaitkan pembuatan akun dengan Google atau Facebook.

Anda akan diminta memasukkan nama penumpang berikut nomor KTP setelah itu melanjutkan ke proses pembayaran.

Saat ini pemerintah telah mengalihkan arus mudik motor dan kendaraan barang ke Pelabuhan Ciwandan agar Pelabuhan Merak yang kini dikhususkan kendaraan roda empat tak terlalu padat.

Sejumlah penyesuaian juga sudah dilakukan untuk mempersiapkan Pelabuhan Ciwandan menampung banyaknya pemudik motor seperti pengaturan arus, pemasangan rambu lalu lintas, pengawalan dari kepolisian hingga menambah kapasitas parkir.

Kementerian Perhubungan mengungkap telah menyiapkan 12 unit kapal roro di Pelabuhan Ciwandan untuk mengantar para pemudik.

Sebanyak lima dermaga di Pelabuhan Ciwandan dialokasikan untuk pengendara sepeda motor, yakni dermaga 02, 03, 05A, 06 dan 07. Rencana awal dijadwalkan 24 perjalanan per hari melalui lima dermaga ini.(da)