Penumpang di Pelabuhan Tanjung Pandan Menurun Saat Arus Balik Lebaran 2023

Aktivitas penumpang kapal cepat di Pelabuhan Belitung
Aktivitas penumpang kapal cepat di Pelabuhan Belitung

Gemapos.ID (Jakarta) - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat jumlah penumpang arus balik yang menggunakan jasa kapal cepat Express Bahari 3 E rute Tanjung Pandan menuju Pangkal Pinang turun dari 328 penumpang menjadi 322 penumpang.

"Kami mencatat ada penurunan jumlah penumpang, namun belum terlalu signifikan baru sekitar enam penumpang," kata Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Hengki di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, arus balik Lebaran 2023 di pelabuhan Tanjung Pandan terpantau ramai lancar.

Otoritas pelabuhan Tanjung Pandan menyatakan puncak arus balik Lebaran 2023 telah berlangsung, pada Selasa (25/4) kemarin, dengan sebanyak 328 penumpang.

"Jumlah penumpang arus balik tertinggi masih pada, Selasa (25/4) kemarin sebanyak 328 penumpang," ujarnya.

Dikatakan Hengki, jumlah penumpang saat ini masih dinamis sehingga diperkirakan masih akan terjadi peningkatan penumpang.

"Kami perkirakan ketika berakhirnya masa libur sekolah pergerakan penumpang juga akan meningkat," katanya.

Ia mengatakan, kapal cepat Express Bahari 3 E akan melayani para pemudik arus balik Lebaran 2023 (pulang - pergi) hingga, Rabu (10/5) mendatang.

"Kemudian kapal cepat Express Bahari 3 E akan beroperasi secara normal seperti hari-hari biasa," ujarnya.

Ia menambahkan, personel dari Posko Angkutan Laut Lebaran 2023 akan terus mengoptimalkan pengawasan kedatangan dan keberangkatan pemudik di pelabuhan tersebut.

"Pelayanan akan tetap kami berikan secara maksimal sehingga kegiatan arus balik Lebaran 2023 bisa berjalan dengan lancar, aman, dan berkesan," katanya.(ap)