Ikhtiar Mudik Aman di Era Digital

Ilustrasi-Penumpang pesawat di Bandara Internasional Soekarno Hatta. (gemapos)
Ilustrasi-Penumpang pesawat di Bandara Internasional Soekarno Hatta. (gemapos)

Mudik Lebaran pada tahun 2023 ini diprediksi bakal ramai setelah pada tahun sebelumnya masih dibayangi dengan regulasi pandemi COVID-19 dan larangan penuh mudik pada 2020 serta 2021 karena wabah yang mematikan tersebut.

Menurut hasil survei terbaru Kementerian Perhubungan, potensi pergerakan masyarakat selama Lebaran 2023 (Idul Fitri 1444 H), jumlah pemudik diprediksi 123,8 juta orang.

Jumlah ini meningkat 14,2 persen jika dibandingkan dengan perkiraan jumlah pemudik tahun sebelumnya yang mencapai 85,5 juta orang.

Survei ini dilakukan secara dalam jaringan atau daring. Sebuah metode survei yang kian masif dilakukan pada era digital dewasa ini.

Media nirlaba untuk jurnalisme investigasi, telah ikut memublikasikan hasil survei tersebut melalui jejaring sosial media yang dimiliki.

Kemudahan teknologi digital, baik melalui aplikasi telepon pintar atau smartphone maupun media sosial, diharapkan memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada para pemudik.

Pemerintah telah menetapkan cuti bersama mudik Lebaran selama lima hari pada 19, 20, 21, 24 dan 25 April, sedangkan libur Hari Raya Idul Fitri pada 22 dan 23 April.

Pada H-8 Idul Fitri arus mudik diwarnai peristiwa memilukan, dengan terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan tol Semarang-Solo, Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, yang menyebabkan delapan orang meninggal dunia.

Menurut petugas kepolisian dan Jasa Marga, andai mereka mendapatkan informasi dengan baik dengan tidak memarkir kendaraan pada tempat yang tidak ditentukan di jalan tol tentu kecelakaan dengan korban lebih banyak bisa dihindari.

Kementerian Perhubungan, Kementrian Kominfo dan instansi terkait sebenarnya sudah melakukan mitigasi dengan memberikan asupan informasi lokasi-lokasi tempat peristirahatan di sepanjang jalan tol, baik melalui media arus utama maupun media sosial.

Digitalisasi Informasi

Mau mudik namun bingung dengan informasi arus mudik. Pada era media sosial ini tampaknya sudah tidak relevan. Suplai informasi sudah cukup mudah didapatkan hanya dalam genggaman tangan melalui gawai yang terhubung internet.

Coba saja tengok di instagram dengan keywords atau kata kunci mudik atau hastag (#) mudik, maka akan muncul berurutan akun dan konten mudik yang tersusun secara selektif sesuai algoritma.

Nampak berurutan akun mudikgratis2023, hastag #mudikgratis dengan 27.198 kiriman, akun informasimudik INFO MUDIK 2023, motis_2023 Mudik Motor Gratis 2023, hastag #mudik dengan 983.562 kiriman, akun mudik_id INFO MUDIK 2023, ayomudikgratis, hastag #mudiklebaran 253.533 kiriman, kemudian akun info_mudik, mudik_asiklebaran, mudikgratisdaerah_jawa.

Menggunakan alat pencari atau search kata "mudik gratis" di twitter akan menampilkan mudik gratis TNI Angkatan Laut dengan kapal perang bagi pengguna sepeda motor, mudik gratis Idul Fitri Pemprov Jawa Barat dan info mudik gratis dari sejumlah media daring.


Demikian pula saat search dengan kata kunci "mudik 2023" menampilkan akun DPR RI yang memberikan tips sebelum mudik menggunakan kendaraan umum dalam format video.

Pemerintah jauh-jauh hari juga sudah masif melakukan diseminasi arus mudik dengan menggunakan sejumlah platform digital.

Platform microsite link bio https://s.id/mudiklebaran yang dibuat oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika beberapa hari ini sudah berseliweran pada sejumlah grup whatsapp.

Platform ini merupakan layanan pemendekan link gratis untuk membuat link pendek dan mudah diingat yang dapat digunakan untuk mempromosikan website atau produk.

Microsite ini memuat lengkap tentang panduan mudik, peta kuliner 2023, nomor-nomor penting mudik, peta jalur mudik, live CCTV lalu lintas Bandung-Jakarta, live CCTV lalu lintas Jasa Marga, live CCTV lalu lintas Jawa Timur hingga pos komando seperti Posko THR 2023, Kios Pertamina Siaga, Kantor SAR dan channel media daring.

Dirjen IKP Kemkominfo, Usman Kansong dan anggota Dewan Pers, Sapto Anggoro, ikut langsung mem-broadcast microsite ini pada sejumlah grup whatsapp sebagai bentuk keterbukaan dan pelayanan informasi publik.

Kementerian PUPR melalui video Menteri Basuki Hadimuljono yang viral juga telah memberikan alternatif mudik melalui Jalur Lintas Pantai Selatan (Pansela) yang mempunyai pemandangan indah, selain Lintas Pantai Utara (Pantura) dan Lintas Tengah Pulau Jawa.

Dalam video yang sudah dirilis saat mudik Lebaran 2022 itu disebutkan kalau Lintas Pansela sudah terhubung sepanjang 1.242 KM. Sayangnya lintas ini baru terhubung ke Banyuwangi, ujung timur Pulau Jawa, pada 2024.

Mudik tidak hanya nyaman dengan digitalisasi informasi, namun juga sarana prasarana yang digitalised, seperti mencetak tiket kereta api cukup dengan scan barcode pada sejumlah stasiun.

Mudik gratis

Layanan mudik gratis yang digelar pemerintah, baik BUMN, instansi pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi dan instansi swasta menjadi layanan favorit yang ditunggu-tunggu warga.

Lembaga-lembaga ini menyelenggarakan mudik gratis secara mandiri maupun berkolaborasi dengan pihak lain.

Flyer pengumuman mudik gratis dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah, BUMN, Korps Alumni HMI (KAHMI), mudik KAI untuk pekerja media dengan kereta wisata dan lain-lain sudah berseliweran di media sosial menyapa warga.

Layanan microsite Kemkominfo juga menyediakan informasi lengkap daftar mudik gratis motor, daftar mudik gratis naik kapal laut, daftar mudik gratis naik bus via aplikasi IOS dan ansdroid yang difasilitasi Kementrian Perhubungan.

Pendaftaran mudik gratis dengan kereta api sudah dibuka mulai 1 Maret hingga 3 Mei 2023, mudik gratis dengan kapal laut dibuka mulai 23 Maret hingga 7 April 2023.

Untuk angkutan motor gratis dengan kereta api dibuka masih dibuka hingga 17 April sedangkan untuk arus balik dibuka pada 25 April dan 28 April 2023 pukul 16:00 WIB. (rk)