Berikut Tips untuk Pengendara Sepeda Motor Mudik via Pelabuhan Ciwandan

Mudik jalur Ciwandan (ist)
Mudik jalur Ciwandan (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten, bakal dioperasikan untuk para pemudik dengan sepeda motor yang mau berangkat mudik Lebaran dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera.

Secara umum, jalur menuju Pelabuhan Ciwandan terbilang cukup baik dengan kondisi jalan yang mulus. Namun, memang masih minim penerangan dan penunjuk arah.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu disiapkan jika hendak melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor. Berikut tips dan hal yang perlu diperhatikan saat mudik dengan sepeda motor.

Menjaga kesehatan

Kesehatan merupakan hal pertama yang perlu diperhatikan. Jangan sampai kesehatan membuat gagal mudik sehingga tak bisa bertemu keluarga di rumah.

Coba mengonsumsi makanan yang baik dan vitamin agar kondisi tubuh Anda tetap terjaga. Bila perlu, cek kesehatan ke dokter sebelum melakukan perjalanan panjang

Memastikan kondisi kendaraan

Kondisi kendaraan juga menjadi hal yang penting untuk dicek. Sebelum berangkat mudik, servis dan ganti oli kendaraan. Pastikan surat-surat berkendara Anda sudah lengkap.

Jangan sampai kendaraan mengalami kendala seperti rem blong dan mogok yang berpotensi menghambat perjalanan.

Pelajari penggunaan peta

Perjalanan menuju Pelabuhan Ciwandan memiliki jalur tempuh yang pendek dari Pertigaan PCI. Namun, jangan sampai tersasar ke tempat lain yang jauh dari pelabuhan.

Manfaatkan aplikasi di gawai Anda, seperti Google Maps dan Waze. Aplikasi itu akan memudahkan Anda untuk melihat jarak tempuh, estimasi tiba, dan lokasi tujuan.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek kepadatan jalan atau volume arus lalu lintas agar terhindar dari kemacetan.

Memakai masker

Jangan lupa untuk tetap memakai masker, terutama dalam perjalanan. Selain untuk menghindari penyakit, juga untuk menghindai debu.

Sebaiknya Anda membawa lebih dari satu masker agar bisa menggantinya jika masker yang dipakai sudah kotor atau penuh debu.

Mengenakan pakaian tertutup

Pelabuhan Ciwandan sedianya merupakan pelabuhan untuk mengangkut barang dan hasil tambang. Namun, kali ini dioperasikan untuk mengangkut orang.

Karena itu, Anda sebaiknya menggunakan pakaian tertutup yang menutupi kulit agar tetap bersih dan terlindungi.

Membawa air, makanan, dan obat-obatan

Sejauh ini, di Pelabuhan Ciwandan tak tersedia kios untuk membeli jajanan dan logistik lainnya. Oleh sebab itu, pemudik harus membawa makanan dan minuman sendiri.

Anda juga perlu membawa obat-obatan, tisu kering, dan tisu basah untuk membersihkan diri di saat darurat.

Kurangi barang bawaan tidak penting

Perjalanan panjang membutuhkan berbagai persiapan. Namun, jangan sampai Anda membawa barang berlebihan.

Coba untuk mengatur barang bawaan Anda seefisien mungkin. Hal ini demi kenyamanan diri Anda agar tidak kelelahan atau kerepotan selama perjalanan.