Sikap Shin Tae-yong Terhadap Timnya Gagal ke Semi Final AFF U-19

Sikap Shin Tae-yong Terhadap Timnya Gagal ke Semi Final AFF U-19
Sikap Shin Tae-yong Terhadap Timnya Gagal ke Semi Final AFF U-19

Gemapos.ID (Jakarta) - Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong tidak mengerti mengapa regulasi ‘head to head’ diterapkan saat laga Thailand versus Vietnam yang berakibat timnya gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

"Regulasi turnamen ini aneh karena AFF masih memakainya, padahal sudah tak digunakan FIFA dan AFC. Jadi, ketidaklolosan kami ke semifinal tidak masuk akal," katanya  pada Senin, 11 Juli 2022. 

Aturan head to head diimplementasikan penyelenggara sepakbola jika ada tiga tim atau lebih yang memiliki poin sama di grup.

Regulasi ini diterapkan penyelenggara pertandingan di Grup A lantaran Indonesia menundukkan Myanmar 5-1 pada laga terakhir. 

Kemudian, Indonesia dan Thailand memiliki poin yang sama 11, padahal pada saat bersamaan dua negara ini bermain 1-1 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Timnas U-19 Indonesia tak bisa ke empat besar kalah head to head lantaran hanya bermain 0-0 saat melawan Vietnam dan Thailand.

Shin Tae-yong menilai aturan itu merugikan Indonesia, karena tim ini memperoleh banyak gol di Grup A dan tidak pernah kalah dari lima laga. Tim ini membuat 17 gol di fase grup dan hanya kebobolan dua kali.

Pertandingan Thailand melawan Vietnam dinilai Shin Tae-yong bahwa kedua negara tersebut seperti tidak berniat untuk memenangkan pertandingan.

Jika Thailand dan Vietnam saling mengalahkan atau seri tanpa gol, maka Indonesia lolos ke semifinal. 

"Saya sedikit tersinggung dan tidak begitu senang (dengan pertandingan Thailand kontra Vietnam-red). Mungkin mereka takut dengan Indonesia. Mereka merasakan kekuatan sepak bola Indonesia semakin baik," ucapnya, 

Walaupun demikian, Shin Tae-yong optimistis performa timnas U-19 Indonesia akan terus membaik dan siap mengarungi beberapa turnamen ke depan termasuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 tahun 2023.

"Pastinya suporter dan para pewarta di sini bisa melihat sepak bola Indonesia terus membaik, secara mental maupun fisik. Sepak bola Indonesia memiliki masa depan yang cerah. Saya sebisa mungkin akan membawa Indonesia lolos ke Piala Asia U-20 2023 dan menyajikan pertandingan luar biasa di Piala Dunia U-20 2023," ujarnya. 

Tim nasional U-19 Indonesia gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022, walaupun berhasil mengalahkan Myanmar dengan skor 5-1 pada laga terakhirGrup A di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu malam.

Indonesia tak dapat ke empat besar lantaran pertandingan terakhir lain Grup A yakni Vietnam versus Thailand berakhir imbang 1-1. Indonesia kalah head to head dari dua tim tersebut.

Dengan demikian, tim ini lolos di semifinal adalah Vietnam sebagai juara grup dan Thailand di peringkat kedua.

Indonesia gagal lolos dari fase grup Piala AFF U-19 terjadi pada tahun 2016.

Dari pertandingan dengan Myanmar diperoleh gol oleh Muhammad Ferarri (dua gol), Arkhan Fikri, Rabbani Siddiq dan Ronaldo Kwateh. Myanmar memperkecil kedudukan via La Min Htwe. (ant/din)