Erick Thohir Resmi Konfirmasi Pengganti Shin Tae-yong, Siapa Saja?

Jeon Kyung-jun pengganti STY (ist)
Jeon Kyung-jun pengganti STY (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Sebanyak5 pelatih yang bisa menggantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U20. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengonfirmasi Shin Tae-yong takkan lagi membesut Timnas Indonesia U-20.

Shin Tae-yong dipercaya PSSI hanya untuk menangani Timnas Indonesia senior dan U-22/U-23. Nantinya, posisi pelatih Timnas Indonesia U-20 diberikan kepada pelatih lain yang diharapkan memiliki karakter melatih seperti Shin Tae-yong.

"Saya sudah bicara dengan Shin Tae-yong akan fokus di senior dan U-23. Sebab, kontraknya masih ada," kata Erick Thohir di Jakarta, Jumat 28 April 2023.

 
 

"Mimpi saya ke depan antara coach senior dan muda harus punya karakter main yang sama. Jadi, kami punya gaya. Bukan ganti pelatih berubah permainan. Pemain bakal bingung," lanjut Erick Thohir.

 

Setidaknya ada beberapa nama yang bisa didekati PSSI untuk dicoba membesut Timnas Indonesia U-20. Siapa saja?

Jeon Kyung-jun

Jeon Kyung-jun bukanlah nama baru bagi Shin Tae-yong. Ia pernah menjabat sebagai asisten Shin Tae-yong di Timnas Korea Selatan U-20, U-23 dan senior. Karena itu, jika Erick Thohir mencari pelatih yang memiliki karakter mirip Shin Tae-yong, sosok yang satu ini bisa dikedepankan.

 

Selain menjadi asisten Shin Tae-yong, Jeon Kyung-jun pernah tiga musim (2019-2022) menjadi pelatih klub asal Korea Selatan, Jeonnam Dragons. Karena itu, secara kualitas Jeon Kyung-jun tak perlu diragukan lagi.

Bima Sakti

Bima Sakti saat ini bertugas sebagai asisten pelatih Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-22. Namun, kelar SEA Games 2023, Bima Sakti belum tentu menjabat posisi tersebut, mengingat kursi pelatih Timnas Indonesia U-22/U-23 kembali diambil alih Shin Tae-yong.

Secara pengalaman kepelatihan, Bima Sakti sudah cukup matang. Ia pernah membesut Timnas Indonesia senior di Piala AFF 2018 dan Timnas Indonesia U-16. Bima Sakti bahkan mengantarkan Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2022.

Kim Do-hoon

Sosok yang satu ini sempat dikait-kaitkan dengan Persib Bandung, tak lama manajemen Maung Bandung memecat pelatih Robert Rene Alberts. Kim Do-hoon yang pernah membantu Ulsan Hyundai juara Liga Champions Asia 2020 ini, juga tak perlu beradaptasi lama dengan sepakbola Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

 

Sebab, Kim Do-hoon sempat menangani klub asal Singapura, Lion City Sailors. Bahkan Kim Doo-hon hampir membawa Lion City Sailors mencetak sejarah, yakni hampir lolos ke 16 besar Liga Champions Asia 2022-2023.

Indra Sjafri

Berhubung tak lagi menjabat pelatih Timnas Indonesia U-22 kelar SEA Games 2023, PSSI bisa saja meercayakan posisi pelatih Timnas Indonesia U-19/U-20 ke Indra Sjafri. Pelatih yang satu ini berpengalaman menangani Timnas Indonesia U-19/U-20.

Selain membawa Timnas Indonesia U-19 juara Piala AFF U-19 2013, Indra Sjafri juga mengantarkan sang tim lolos ke perempatfinal Piala Asia U-19 2018. Jika sanggup menang atas Jepang di perempatfinal Piala Asia U-19 2018, Timnas Indonesia U-20 akan tampil di Piala Dunia U-20 2019 Polandia.

Kim Hak-bum

Di posisi puncak ada pelatih asal Korea Selatan, Kim Hak-bum. Secara prestasi di level kelompok umur, kualitas Kim Hak-bum tak perlu diragukan lagi.

Ia pernah membawa Timnas Korea Selatan U-23 merebut medali emas Asian Games 2018 dan jawara Piala Asia U-23 2020. Saat membawa Timnas Korea Selatan U-23 juara Asian Games 2018, Kim Hak-bum menangani sejumlah pesepakbola bintang seperti Hwang Hee-chan dan Son Heung-min.

 

Menarik menanti pelatih mana yang akhirnya dipilih PSSI sebagai suksesor Shin Tae-yong. Harapannya di tangan pelatih baru, prestasi Timnas Indonesia U19/U20 jauh lebih mengilap.(da)