Ini Tata Cara Olah Daging Kambing Supaya Tak Bau Perengus

Executive sous chef The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Eric Kusnadi mengungkapkan pengolahan daging kambing kurang tepat bisa berakibat bau prengus
Executive sous chef The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Eric Kusnadi mengungkapkan pengolahan daging kambing kurang tepat bisa berakibat bau prengus

Gemapos.ID (Jakarta) - Executive sous chef The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Eric Kusnadi mengungkapkan pengolahan daging kambing kurang tepat bisa berakibat bau prengus yang bisa mengurangi selera makan bagi sebagian orang.

"Jangan dicuci berlebihan, kalau kotor kena air pas dipotong, cukup diseka saja jangan pakai air," katanya pada Sabtu (8/7/2022). 

Untuk tekstur daging supaya lebih empuk dan lebih manis bisa memakai parutan nanas, soda kue, atau yoghurt. Langkah ini dilakukan dengan memasukkan nanas ke dalam blender pada beberapa saat selanjutnya dicampurkan ke dalam daging. 

Untuk pemakaian nanas bisa digunakan setiap dua ruas ibu jari ini bagi satu kilogram daging kambing. Pemakaian soda kue berjumlah setengah sendok makan dan satu telur untuk mengolah dua kilogram daging kambing, soda kue biasa dipakai untuk memasak sate kambing.

Anda yang merasa repot memasak di dapur, ujar Eric Kusnadi, bisa mengolah kambing untuk menu nasi goreng kambing dan kebab kambing.

"Resepnya juga banyak dan gampang dicari di internet," kata Eric.

Untuk memasak kebab kambing bisa memakai bumbu-bumbu meliputi jinten, ketumbar, bawang putih, bawang bombay, lada hitam, paprika bubuk, dan garam.

Pertama-tama iris tipis daging kambing dilanjutkan panggang hingga matang sempurna, ukuran daging kurang dari 10 cm, masak sampai suhu 160 derajat Celcius dengan durasi 25-35 menit. (ant.mau)